TP PKK Sumut Berikan Supervisi Dairi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

TP PKK Sumut Berikan Supervisi Dairi

Wednesday, May 18, 2022

Sidikalang-Sumutpos.id:
Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan supervisi desa pelaksana tertib administrasi PKK, PAAR, UP2K PKK, Hatinya PKK, IVA Test, Kesrak KKBPK Kesehatan, LBS dan Posyandu tahun 2022 di Kabupaten Dairi, Selasa (17/5/2022).

Kehadiran dari Tim Penggerak Provinsi Sumatera Utara tersebut disambut dengan baik oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu yang didampingi oleh pimpinan OPD di Balai Budaya Sidikalang.Romy Mariani memaparkan tentang program kerja yang sudah dilakukan oleh TP PKK Dairi. Dijelaskannya, untuk melaksanakan 10 program pokok PKK, PKK Dairi melaksanakan kegiatan prioritas program sekretariat dan program Kelompok Kerja (pokja) mulai dari pokja I hingga pokja IV.

Untuk pemilihan desa binaan, Romy mengatakan dilakukan dari bawah. “Camat melihat desa mana yang layak dijadikan binaan sesuai kriteria yang telah ditentukan, salah satunya melihat kesiapan Kepala Desa maupun masyarakatnya serta tim penggerak PKK desanya.
Prinsipnya kami melakukan seleksi diawal baru dilakukan penetapan melalui SK Bupati Dairi,” ucapnya.

Romy Mariani mengatakan komitmen dari OPD sangat diperlukan. Untuk UP2K misalnya, Romy Mariani mengatakan, Desa Juma Siulok dipilih karena desa tersebut terdapat beberapa rumah tangga membuat produk makanan tape yang sudah lama dijadikan sebagai industri rumah tangga selama puluhan tahun.

“Untuk rasa tape bisa di tingkatkan melalui pendampingan OPD terkait supaya kualitasnya semakin baik dan pemasarannya semakin luas,” ucapnya.

Untuk tahun 2022, Romy Mariani mengatakan berdasarkan keputusan Bupati dairi Nomor 67/463/II/2022 tentang penetapan desa binaan tim penggerak Kabupaten Dairi telah melakukan pembinaan di 5 desa yang ditetapkan.

“Desa Binaan Hatinya PKK di Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang; Desa percontohan UP2K PKK di Desa Juma Siulok Kecamatan Siempat Nempu; Desa Percontohan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Desa Lau Sireme Kecamatan Tigalingga; Desa Perontohan Iva test ( Insveksi Asamasetat ) di Desa Kaban Julu Kecamatan Lae Parira. Untuk desa percontohan tertib administrasi di Desa Bintang Mersada Kecamatan Sidikalang,” tukasnya.(Red-SP.ID/Cs)