Sekda Nias Barat Terima Kunjungan Tim Bakti Kementerian Kominfo -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Sekda Nias Barat Terima Kunjungan Tim Bakti Kementerian Kominfo

Friday, May 20, 2022


(image/gambar) :Sekda Nias Barat didampingi kadis kominfo Nias Barat Terima kunjungan Tim bakti Kementerian Kominfo

Nias Barat - Sumutpos.id : Sekretaris Daerah (Sekda) Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, M. Si didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sihama Gulo, menerima kunjungan Tim Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika di ruang kerja Sekda, Rabu (18/05/2022 ).

Anggayomi Amanda dari Direktorat Layanan TI Bakti Kominfo selaku Koordinator Tim kepada Sekda menjelaskan tujuan kedatangannya bersama tim ke Nias Barat untuk menyelesaikan admistrasi pembangunan tower yang telah dibangun tahun 2017 dan 2018 serta administrasi pembangunan tower 4G di 10 titik tahun 2022.

“Tujuan kedatangan kami ke Nias Barat, untuk memastikan penyelesaian administrasi dan proses serah terima pinjam pakai lahan tower yang telah dibangun tahun 2017 dan 2018 serta untuk memastikan kesiapan administrasi pembangunan 10 tower baru di tahun 2022”, jelas Yomi kepada Sekda Fakhili Gulo.

Lebih lanjut Yomi meminta dukungan dan kerja sama Pemkab Nias Barat untuk membantu proses pengurusan administrasi dan perizinan pembangunan tower 4G di 10 titik yang dibangun tahun 2022 ini.

Mendapatkan penjelasan dari Anggayomi Amanda selaku Koordinator Tim, Sekda Fakhili Gulo berterima kasih dan menyatakan kesediaan untuk mendukung kelancaran proses pembangunan tower di Nias Barat.

“Atas nama Pemerintah Nias Barat mengucapkan terima kasih kehadiran Tim dari Bakti Kominfo di Nias Barat. Pemda Nias Barat membantu dan memberi kemudahan pengurusan segala jenis administrasi yang dibutuhkan untuk kelancaran pembangunan tower”, ujar Sekda Fakhili Gulo.

Lebih lanjut Sekda Nias Barat menyampaikan bahwa pembangunan tower pada 10 lokasi di Nias Barat sangat membantu masyarakat yang belum mendapatkan jaringan telekomunikasi yang memadai.

Sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan data, dari 105 desa di Kabupaten Nias Barat terdapat 40 desa lagi yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.
Atas dasar itulah, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu bersama Wakil Bupati Era Era Hia sangat menaruh perhatian pada pembangunan tower ini. Setelah dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat pada April 2021 yang lalu, mereka terus berupaya mencari solusi agar pembangunan tower telekomunikasi dapat terwujud.

Upaya tersebut telah menunjukkan hasil. Pada tahun 2021 telah dibangun 1 unit tower di Desa Hilidaura Mandrehe Barat dan tahun 2022 sedang dibangun 2 tower lagi di Desa Iraonogeba Mandrehe Barat dan Desa Wango Lolofitu Moi oleh PT. Tower Bersama, ditambah dengan rencana pembangunan 10 tower melalui kerjasama Pemkab Nias Barat dan Bakti Kominfo.



Pembangunan tower 4G di 10 titik di Nias Barat merupakan wujud kehadiran pemerintah untuk menyediakan jaringan telekomunikasi pada daerah-daerah yang belum terjangkau layanan telekomunikasi. Hal tersebut sejalan dengan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2021-2026.( Red-SP. ID/FH)