Pemegang Hak Ulayat Suku Pakpak Dairi, Adukan Akun Facebook Syaripudin Siregar Ke DPRD Dairi yang Diduga Hina Bupati Dairi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemegang Hak Ulayat Suku Pakpak Dairi, Adukan Akun Facebook Syaripudin Siregar Ke DPRD Dairi yang Diduga Hina Bupati Dairi

Wednesday, May 25, 2022

Sidikalang-Sumutpos.id:
Pemegang hak ulayat suku Pakpak di Kabupaten Dairi mengadukan akun Facebook bernama Syarifudin Siregar ke DPRD Dairi, Senin (23/5/2022).
Akun tersebut diduga menghina Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu.

Dalam aduannya, mereka menyebutkan ada beberapa kalimat yakni ‘Barukmin’, ‘Si Kelte’, dan ‘Bupati Latteung’ di status Facebooknya.

Ketua Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB LKP), Raja Umar Ujung mengatakan postingan tersebut dapat menganggu kenyaman yang ada di Kabupaten Dairi.

“Kita melihat fenomena ini ada abrasi yang terjadi di masyarakat, artinya ada penggiringan opini dari seseorang, kepada seseorang tentang Barukmin, si Kelte dan Bupati Latteung,” ujarnya.

“Kami melihat ini, ada potensi – potensi politik, yang justru mencederai simbol – simbol Kepakpakan,” tambahnya.
Menurut Umar, arti dari Barukmin yakni, ‘Barutu Kurang Vitamin’, sedangkan Kelte adalah ‘Keleng Ate’, dan Bupati Latteung yang belum diketahui kepada siapa dituju.

“Namun, Barukmin yang disebutnya itu, Sarifudin harus bertanggung jawab. Kami selaku pemuda Pakpak, wajar kami menyikapi ini agar tidak ada mengkerdilkan siapapun,” terangnya.

Dirinya mengungkapkan Syarifudin untuk menyampaikan permintaan maafnya secara terbuka melalui
media sosial, sebelum akan dilaporkan ke pihak kepolisian.

“Karena Sarifudin mengungkapkan melalui media sosial, maka harus menjelaskan apa maksud dan tujuannya, karena hanya dia yang tau maksudnya. Namun, kita memiliki pengertian dan pemahaman tentang bahasa, maka Sarifudin harus bertanggung jawab dengan bahasanya,” tandasnya.

Sementara itu, dalam audiensi tersebut, Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani menerima pernyataan sikap tersebut, dan akan melakukan rapat pembahasan tentang kejadian tersebut.

Selain itu, terdapat postingan lainnya yang menyebutkan kalau dirinya merupakan bakal calon Bupati Dairi 2024.

“Salam, Syarifuddin Siregar -bakal calon Bupati Dairi 2024. Kalau terpilih jadi Bupati Dairi, saya tidak mau disebut BUPATI LATTEUNG,” tulis Sarifudin.(Red-SP.ID/CS)