Bagikan BLT DD Dirumah Pribadinya dan KPM Tak Sesuai Hasil Rapat, Warga Birong Ulu Kecewa kepada Pangulu -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bagikan BLT DD Dirumah Pribadinya dan KPM Tak Sesuai Hasil Rapat, Warga Birong Ulu Kecewa kepada Pangulu

Thursday, May 19, 2022

(Image/Gambar) : Ilustrasi BLT DD

Simalungun - Sumutpos.id : Warga Nagori Birong Ulu, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun kecewa terhadap kinerja Pangulu, terutama terkait pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2022.

Pasalnya, Pangulu Nagori Birong Ulu Herlina Sagala mencairkan (membagikan) BLT DD tersebut dirumah pribadinya, bukan di Kantor Pangulu.

Hal tersebut diungkapkan warga setempat yang juga terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD tahun 2022 di Nagori Birong Ulu kepada media ini, Kamis (19/5/2022).

Ia menuturkan, pada Sabtu 14 Mei 2022 lalu, Pangulu Nagori Birong Ulu membagikan BLT kepada KPM di rumahnya, tanpa dihadiri perangkat desa, Maujana dan pihak Kecamatan, Babhinkamtibmas dan Babinsa, jadi sangat janggal kurasa, setau saya biasanya dibagikan di Kantor Pangulu, tapi kali ini kenapa dirumahnya," ujar sumber.

Masih menurut sumber, selain pembagian BLT dilakukan di rumah Pangulu, salah seorang penerima BLT DD bukan lagi warga Nagori Birong Ulu dan ada yang terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tapi terdaftar sebagai penerima BLT, sebagai warga, saya kecewa dengan kinerja Pangulu yang terkesan sewenang-wenang," ungkap Sumber tersebut.

Ia juga mengatakan, sebelumnya pada bulan Maret lalu kami telah rapat di Kantor Pangulu terkait penerima BLT DD, namun kenyataannya tidak seperti keputusan hasil rapat, makanya saya bingung, ada apa ini?

Saya berharap kepada pihak Kecamatan maupun Dinas terkait agar meluruskan terkait permasalahan ini, agar kami warga dapat mengetahui terkait tindakan Pangulu yang menurut kami sewenang-wenang, seraya mengatakan jumlah uang BLT yang diterimanya sebesar Rp.900.000.

Sekretaris Desa Nagori Birong Ulu, Walber Damanik ketika dikonfirmasi membenarkan pembagian BLT DD Sabtu lalu dirumah Pangulu, tapi terkait alasan kenapa dirumah Pangulu dibagikan, tanyakan langsung saja sama Pangulu, seraya mengatakan jumlah KPM BLT DD sebanyak 53 KPM," kata Walber.

Terpisah, Camat Jorlang Hataran melalui Kasi PMN Lusman Siahaan ketika ditanyakan terkait pembagian BLT DD tersebut mengatakan kurang mengetahui. Saya tidak tau terkait pembagian BLT DD di Nagori itu, karena kami tidak ada diberitahukan atau diundang, akan saya telusuri dulu kebenaran informasinya," ujar Lusman via selulernya.

Sementara itu, Ketua Maujana Nagori Birong Ulu Ali Rohman Siregar saat ditanyakan, membenarkan terkait informasi tersebut. Benar, tapi kami tidak diundang makanya kami tidak hadir pada saat pembagian BLT tersebut. Kami akan segera menegur Pangulu agar kedepannya tidak seperti itu, karena kurang baik pembagian BLT dirumah Pangulu," katanya.

Pangulu Nagori Birong Ulu Herlina Sagala belum dapat dikonfirmasi, telepon seluler yang dihubungi kru media ini tidak diangkat walau terdengar nada aktif.(Red-SP.ID/FIS)