Duta Pemkab Toba Raih Penghargaan Dalam Bidang Pertanian -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Duta Pemkab Toba Raih Penghargaan Dalam Bidang Pertanian

Friday, April 22, 2022

(Image/gambar): Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus dan Ketua PPK Toba Ibu Marlina Sitinjak, Kadis PMD-PPA, Henry Silalahi serta Kades Parsuratan Sumartin Simanjuntak dan Lusiana Silalahi fhoto bersama selesai menerima penghargaan.

Toba-Sumutpos.id:Lusiana Silalahi warga Desa Parsuratan terpilih menjadi Duta Pemkab Toba dalam rangka memperingati Hari Kartini. Terpilihnya Lusiana ketua pokja 3 ( hatinya PKK) Desa atas bimbingan Kepala Desa Parsuratan Sumartin Simanjuntak yang mampu berinovasi di bidang pertanian sebagai wujud emansipasi wanita dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga. 

Lahan- lahan kosong di sekitar rumahnya di tanami berbagai jenis sayuran, pepaya dan bahan pokok lainnya, inovasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan rumah tangganya bahkan mampu memenuhi kebutuhan usahanya sebagai penjual makanan, hal ini di sampaikan Kepala Desa Parsuratan Sumartin Simanjuntsk saat di jumpai di Kantor Desa Parsuratan, Jumat(22/4). 


Pada puncak peringatan Hari Kartini ke-144 tahun inilah Lusiana Silalahi yang di dampingi Kepala Desa Parsuratan Sumartin Simanjuntak menerima penghargaan yang di tanda tangani langsung oleh Ibu Iriana Joko Widodo. 


Sekitar 514 orang Perempuan berjasa dan berprestasi dalam berbagai bidang di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia menerima penghargaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju. 


Penghargaan disampaikan oleh Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Ibu Hj. Wury Estu Ma'ruf Amin secara langsung dari istana negara melalui zoom meeting di aula Tengku Rizal Nurdin rumah dinas Gubernur Sumatera Utara, Jl. Sudirman Medan, Kamis (21/4/22).



Untuk Kabupaten Toba, penghargaan diterima oleh Lusiana Silalahi, atas jasanya mampu berinovasi memanfaatkan ruang kosong di pekarangan rumahnya menjadi lahan produktif yang dapat menutupi kehidupannya sehari-hari. Lusiana Silalahi seorang ibu rumah tangga menjadi contoh bagi warga Desa Parsuratan. Dimana keberhasilan meraih juara harapan satu tingkat provinsi menjadi pemacu semangat bagi warga Desa Parsuratan Kec. Balige untuk berinovasi di bidang pertanian.


Kadis PMD-PPA Henry Silalahi SE. saat di hubungi melalui telepon  membenarkannya, serta mengatakan bangga atas prestasi ibu Lusiana Silalahi yang dapat berpartisipasi sampai ke tingkat nasional dan mengharumkan nama Kabupaten Toba. 


Bupati Toba Poltak Sitorus dan Ketua TP PKK Toba Ibu Rita Marlina Sitinjak yang turut hadir mendampingi Lusiana, menyebutkan mereka merasa bangga atas penghargaan tersebut.


Puncak acara Hari Kartini tahun 2022 ini diikuti Gubernur Sumatera Utara  Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara. Ny. Nawal Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol.Panca Putra Simanjuntak dan seluruh pimpinan dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.


Dalam sambutannya, Iriana Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Berkat perjuangan Kartini, perempuan bisa sejajar dengan laki-laki dalam ikut melakukan pembangunan, bahwa saat ini sudah banyak perempuan berjasa dalam profesi masing-masing, baik dalam skala nasional maupun internasional. 


Secara khusus, Iriana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, khususnya tenaga kesehatan perempuan yang telah ikut menangani pandemi covid-19.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan perempuan dan kepada seluruh perempuan Indonesia yang telah berjuang mengendalikan pandemi di tanah air."


"Saya juga mengucapkan turut berbelasungkawa atas perempuan-perempuan Indonesia yang telah gugur dalam perjuangan menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi covid-19," kata Iriana.


Lebih lanjut dikatakannya, peran perempuan Indonesia sangat diharapkan untuk berkontribusi mendorong pemulihan akibat pandemi. Hal ini merupakan potensi besar guna mempercepat pemulihan dan meningkatkan perekonomian.


"Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Kartini ini sebagai era kebangkitan perempuan dan Indonesia menuju Indonesia Maju."


Iriana juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para perempuan berjasa dan berprestasi yang telah menerima penghargaan.


"Semoga penghargaan ini menambah semangat membangun daerahnya untuk lebih maju lagi," ujar Iriana.


Hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas PMD-PPA Toba Henry Silalahi dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan.(Red-Sp-Id/DS).