Hebat! Koperasi Kredit/CU Tao Toba Parapat Pilih Pengurus Baru secara Demokratis Yang Disuguhkan Tim Asesmen Independen -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Hebat! Koperasi Kredit/CU Tao Toba Parapat Pilih Pengurus Baru secara Demokratis Yang Disuguhkan Tim Asesmen Independen

Tuesday, March 22, 2022


(Image/gambar):Pengurus dan Pengawas Terpilih CU Tao Toba Parapat lewat seleksi Asesmen Independen, Mora College.

Parapat, Sumutpos.id: Bertempat di Hall Convention Parapat, Simalungun Sumatera Utara anggota CU Tao Toba Parapat selenggarakan rapat anggota tahunan (RAT), Senin (22/03/2022). Pada kesempatan itu, seluruh pengurus pengawas periode 2018-2022 mempertanggungjawabkan kinerja mereka selama empat tahun terakhir dalam menahkodai CU atau koperasi kredit. Koperasi yang bernaung di bawah Gereja Katolik Parapat itu kini sudah beraset tujuh puluh lima milliar dengan anggota 5.000 orang. 
(Image/gambar): Suasana Rapat Anggota Tahunan (RAT) CU Tao Toba Parapat yang tetap mengikuti protokol kesehatan

Pada rapat tahunan ini, anggota Koperasi Tao Toba juga memilih pengurus/pengawas baru. Uniknya, untuk menemukan para pengurus independen dan benar- benar punya kapasitas dan kapabilitas Tim Seleksi menyerahkannya kepada Tim Asesmen Independen. Sehingga para pengurus yang disuguhkan untuk dipilih oleh formateur sungguh calon yang secara IQ di atas rata rata, interaksi kerja sama yang proaktif, pengetahuan perkoperasian yang memadai disertai pribadi jujur dan kredibel.

Viktor Silalahi, moderator yang berperan dalam mengarahkan jalannya pemilihan berkata bahwa pemilihan kali ini sangat sepesial. “Sangat puas dan beda dengan pemilihan calon pengurus tahun tahun yang lalu. Hasil asesmen tim Independen dari Mora College kiranya semakin membantu meningkatkan kemajuan CU Tao Toba ke depan”, tandasnya. 
Sementara itu, Parulian Silalahi, Ketua Pengurus demisioner dua periode berharap agar para pengurus yang diseleksi oleh tim independen dari Mora College semakin membawa Koperasi ini ke depan semakin maju, sukses dan mensejahterakan anggotanya. “Kuat harapan saya proses ini membantu kami untuk menjaga CU ini tetap sehat dibawah kendali kepengurusan yang berkesinambungan. Hasil seleksi profesional dan independen. Tanpa kampanye. Tanpa janji janji uang. Tapi dipilih berdasarkan hati nurani dan kapasitas-kapabilitas personal”, tegas Parulian Silalahi. 

Perlu diketahui bahwa tim seleksi yang dibentuk CU Tao Toba menyerahkan 25 nama yang lolos verifikasi administrasi ke Tim Independen, Mora College. Terhadap ke 25 calon pengurus dan pengawas ini dilakukan asesmen lewat psikotes, tes kepribadian, IQ, wawancara dan tertulis. 

Mora College ialah lembaga asesmen sumber daya manusia profesional, lembaga bimbingan belajar baik CPNS juga SBMPTN dan sekolah kedinasan. Lembaga yang berkantor di Jalan Pane nomor 26. Telp +62 831-5038-2026  Pematangsiantar ini juga memberikan beberapa layananan jasa antara lain: psikotes, IQ, menemukan bakat dan kemampuan anak, cara belajar siswa, Wawancara dan Kompetensi Personal, termasuk peningkatan kompetensi Para Guru.  

Terkait kesan periodisasi ini, Penasehat CU Tao Toba Parapat, Pastor Hiasintus Sinaga OFM Cap mengatakan bahwa pemilihan pengurus ini sangat istimewa. “Warisan pemilihan pengurus lama yang sangat elegan, istimewa dan profesional ini sangat saya apresiasi. Semoga para pengurus terpilih yang secara independen dan profesional ini semakin membawa koperasi kita ini makin berkembang ke depan dan tetap di rel roh koperasi yang benar”, harap pastor paroki Parapat ini haru. 

Menegaskan apa yang disampaikan oleh Pastor Hiasintus Sinaga, Rafael Simatupang (42), salah seorang pengurus terpilih mengatakan  bahwa tanggung jawab ini memang tidak ringan. “Tapi kami akan memberikan yang terbaik demi kemajuan koperasi. Memberikan teladan yang baik. Dan kami berterima kasih atas kepercayaan anggota. Kami juga akan tetap membangun keharmonisan antara pelayanan di Gereja dan kemajuan ekonomi oleh Koperasi. Serentak menjalankan misi Gereja dan misi Koperasi”, ujarnya.

RAT diawali dengan perayaan misa dan berlangsung secara demokratis, penuh kasih dan dilandasi saling percaya. Hingga akhir acara para anggota RAT tetap setia duduk di kursinya masing masing menanti para pengurus koperasi yang baru. (Red-SP.ID/NM).