Bupati Pakpak Bharat Dukung Pelestarian Adat Budaya -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Pakpak Bharat Dukung Pelestarian Adat Budaya

Wednesday, March 9, 2022

(Image/Gambar): Bupati Pakpak Bharat kunjungi acara ritual Menanda tahun di Simenoto Kecamatan Pergetteng Getteng Sengku (PGGS)

Pakpak Bharat-Sumutpos.Id:Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyatakan mendukung segala hal dalam pelestarian budaya suku Pakpak salah satunya acara ritual menanda tahun. Dia juga menyampaikan harapannya agar masyarakat bisa saling berkoordinasi dengan pemerintah supaya lokasi menanda tahun yang ada di Delleng Simenoto agar bisa ditata lebih baik lagi dan pada masa datang sehingga moment ini bisa menjadi salah satu wisata di Kabupaten Pakpak Bharat. 

Demikian disampaikan Bupati Franc, saat mengunjungi situs sakral "Menanda Tahun" di Delleng Simenoto, Kec PGGS Kabupaten Pakpak Bharat, disela sela kunjungannya di Kecamatan PGGS, bersama para staf ahli, pimpinan OPD serta para tokoh masyarakat PGGS,pada Selasa,08 Maret 2022.

Dilokasi Delleng Simenoto  ini,  setiap tahunnya acara  rutin Menanda Tahun dilaksanakan oleh masyarakat Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat untuk meminta agar hasil pertanian mendapat berkah dan izin dari sang penguasa.

Bupati Franc berharap dengan adanya pelestarian adat budaya suku Pakpak bisa  menjadi filter yang mulai terkikis dengan kehadiran budaya luar, terutama bagi anak muda yang merasa bahwa melakukan budaya luar itu adalah tren dan kekinian.

"Pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai budaya suku Pakpak sangat perlu kita lestarikan guna bertujuan untuk mendukung pengembangan adat budaya nusantara dalam rangka antisipasi dan tidak tergerus oleh  perkembangan peradaban global saat ini" ujar Bupati.(Red-SP.ID/ASB)