Bupati Ajak Pimpinan Perusahaan BUMN, Swasta dan Pengusaha Lokal Membangunan Simalungun -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Ajak Pimpinan Perusahaan BUMN, Swasta dan Pengusaha Lokal Membangunan Simalungun

Thursday, March 10, 2022


(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat pertemuan dengan pimpinan BUMN, Swasta, dan pengusaha lokal.

Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan melakukan pertemuan silahturahmi pimpinan perusahaan BUMN, Swasta dan para pengusaha lokal di Kabupaten Simalungun dalam rangka semangat Marharoan Bolon (bergotong royong)bertempat di Niagara hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (10/3/2022) 

Dalam pertemuan itu, Bupati Simalungun menyampaikan bahwa pertemuan ini sangat luar biasa dimana semua stakeholders terutama para pimpinan perusahaan baik BUMN, Swasta maupun Pengusaha Lokal yang ada di wilayah Simalungun hadir dalam pertemuan silahturahmi tersebut.

”Kami memang mengakui, Pemkab Simalungun tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dan sinergitas, kolaborasi dari semua pihak termasuk para pimpinan perusahaan yang ada di daerah ini. Saya kira Ini merupakan awal yang baik kedepan untuk membawa Simalungun yang lebih baik, karena dalam pertemuan ini saya lihat begitu antusiasnya para pimpianan perusahaan, punya kepedulian buat Simalungun,"kata Bupati.

Selanjutnya, terkait dengan pemberian izin terhadap pengusaha yang akan berinvestasi di Kabupaten Simalungun, Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun melalui instansi terkait akan mengambilkan langkah terobosan agar dapat bersinergi dengan perusahaan berupa bimbingan, pembinaan maupun berupa arahan apa yang diperlukan oleh perusahaan.

"Pemkab Simalungun membuka pintu lebar-lebar dan memberikan regulasi kemudahan kedepan agar investor tertarik untuk menanamkan investasi yang lebih besar lagi di Simalungun. Mari sama-sama kita bangun Simalungun untuk kesejahteraan masyarakat," terang Bupati.

Dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan, Bupati mengharapkan, adanya peningkatan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Simalungun, terutama dari sektor PBB. 

"Saya berharap tahun ini ada peningkatan melalui sosialisasi kepada seluruh masyarakat Simalungun, karena masih banyak PBB yang belum tersentuh selama ini  termasuk juga dalam hal penyempurnaan pajak,"kata Bupati sembari mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak, karena dari pajaklah pembangunan dapat terlaksana.

Disamping itu, Bupati juga berharap kepada para media untuk turut memberikan masukan maupun saran kepada pemerintah melalui koordinasi dengan perusahaan-perusahaan di wilayah Simalungun.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Simalungun yang menginisiasi pertemuan dengan para perusahaan melalui kegiatan silahturahmi, yang diharapkan dapat merangkul perusahaan-perusahaan baik BUMN, Swasta maupun perorangan untuk ikut bersama-sama, berkontribusi atau marharoan Bolon (gotong royong) untuk membangun Simalungun sesuai dengan peranya masing-masing.

"Mungkin kalau dia perusahaan ada CSR bisa dikoordinasikan dengan pemerintah sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat Simalungun," kata Timbul.

Kemudian lanjut Timbul, ada kontribusi pajak, retribusi lainnya termasuk PBB, bagaimana ini dapat dioptimalisasikan. "Tentu melakukan komunikasi dan bekerjasama dengan semua stakeholders  yang ada di Kabupaten Simalungun," ujarnya.

Oleh karena, lanjut Timbul, ini terobosan baru yang dilakukan Pemkab Simalungun dalam upaya mendukung peningkatan PAD yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat Simalungun.

Sebelumnya, Sekda Simalungun Ersron Sinaga dalam laporannya menyampaikan, sejak mewabahnya virus Covid- 19 yang telah berlangsung selama 2 (dua) tahun lebih, sehingga ada kerinduan Pemkab Simalungun untuk menyapa para pengusaha BUMN dan swasta maupun pengusaha lokal yang ada di Kabupaten Simalungun pada momen silahturahmi dan semangat marharoan bolon di bumi Habonaron Do Bona yang kita cintai ini.

Pertemuan silahturrahmi tersebut, menurut Esron, dalam rangka menjalin hubungan kerjasama antara Pemkab Simalungun dengan seluruh pengusaha yang ada di Kabupaten Simalungun. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memutus hubungan kesenjangan antara pemerintah dengan pengusaha BUMN, swasta maupun perorangan yang ada di Kabupaten Simalungun.

Diakhir acara tersebut Bupati Simalungun bersama Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kajari Simalungun Bobbi Sandri, mewakili Kapolres Simalungun Kompol G Damanik memberikan cendramata dan menyematkan ulos pamotting kepada pimpinan perusahaan BUMN, Swasta maupun pengusaha local. 

Pertemuan silaturrahmi tersebut jugas dihadiri antara lain, Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Simalungun, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Prataman Pematangsiantar Faisal Artjan dan pimpinan Perbankan.(Red-SP.ID/FIS)