Terima Laporan Warga Nagori Mekar Sari, Bupati Simalungun Perintahkan PSDA Segera Perbaiki Irigasi Rusak -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Terima Laporan Warga Nagori Mekar Sari, Bupati Simalungun Perintahkan PSDA Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Minggu, 12 Desember 2021

 

(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat meninjau irigasi rusak di Nagori Mekar Sari.


Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga usai mengikuti ibadah Minggu di Gereja HKBP dan GKPS Kecamatan Panei, menerima aspirasi berupa laporan kondisi irigasi yang mengairi 112 hektar persawahan yang jebol karena longsor di Nagori Mekar Sari Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun,  Sumut, Minggu (12/12/2021).


Berdasar penjelasan warga bahwa irigasi itu sangat vital, karena sumber airnya sangat dibutuhkan bagi para petani yang sedang dalam masa tanam padi.


Bupati yang saat itu, didampingi Plt Kadis PU Udur Purba dan Plt Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jamahaen Purba, langsung menuju ke lokasi rusaknya irigasi di Nagori Mekar Sari.


“Jika irigasi ini tidak segera diperbaiki, maka para petani yang sangat menggantungkan harapan di 112 hektar lahan sawah padi, akan mengalami masa gagal tanam di akhir tahun 2021 ini,” kata salah seorang warga yang juga sebagai petani di Nagori Mekar Sari.


Setelah melihat langsung kondisi irigasi yang rusak tersebut, Bupati langsung memerintahkan agar Plt Kadis PSDA sesegera mungkin melakukan perbaikan.


“Ini bencana. PSDA secepat koordinasi dengan BPBD untuk melakukan perbaikan. Dalam waktu seminggu ke depan, sudah harus ada realisasi perbaikan irigasi, agar air dapat mengaliri 112 hektar sawah padi, dan para petani tidak mengalami gagal masa tanam,” kata Bupati. 


Kemudian, Bupati menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, akan tetap hadir dalam menyahuti permasalahan apa pun yang terjadi di tengah masyarakat.


“Apa yang kita lakukan di hari Minggu ini, merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran nyata Pemkab Simalungun, serta melakukan reaksi cepat memberi solusi agar masyarakat petani padi sawah, tidak mengalami gagal masa tanam,"kata Bupati. 


"Hanya dua kali masa tanam padi sawah, jika mereka gagal tanam karena irigasi yang tidak segera diperbaiki, seberapa besar kerugian yang mereka rasakan, dan itu sangat berdampak pada perekonomian keluarga. Apalagi di masa pandemi Covid-19,” tambah Bupati.


Terhadap instruksi Bupati itu, Plt Kadis PSDA Kabupaten Simalungun Jamahaen Purba menyatakan siap untuk segera berkoordinasi dengan Plt Kepala BPBD, Bob Presley Saragih.


“Saya akan segera koordinasi dengan rekan di BPBD, untuk merealisasikan instruksi Bupati dalam memperbaiki irigasi rusak di Nagori Mekar Sari,” kata Jamahean Purba.(Red-SP.ID/FIS)