Wagubsu : Perkuliahan Tatap Muka Dimulai Pada Awal Tahun 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Wagubsu : Perkuliahan Tatap Muka Dimulai Pada Awal Tahun 2022

Sunday, November 14, 2021

(Image/Gambar) Wakil Gubernur Sumatera Utara Hadiri Diskusi IMAMIKOM USU. 


Medan - Sumutpos.id : Hadiri Diskusi Publik IMAMIKOM USU Bahas Kuliah Tatap Muka, Wagubsu : Perguruan Tinggi Harus Siap Dari Segi Pedoman dan Sarana Prasarana 


Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah, S.Sos, M.Hum menegaskan kepada perguruan tinggi agar benar-benar menyiapkan pedoman perkuliahan serta sarana prasarana yang memadai sebagai bentuk keseriusan dalam menerapkan perkuliahan tatap muka terbatas. Hal ini disampaikan oleh Wagubsu saat menjadi salah satu Keynote Speakers dalam gelaran Diskusi Publik Ikatan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi (IMAMIKOM) FISIP USU Hybrid Event bertajuk “Mengukur Kesiapan Perguruan Tinggi Dalam Penerapan Belajar Tatap Muka” di Ruang Sidang FISIP USU pada Sabtu (13/11) siang. 


(Image/Gambar) : Suasana Diskusi yang dilakukan IMAMIKOM USU. 


Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara itu menyambut baik sekaligus mengapresiasi inisiatif IMAMIKOM FISIP USU yang telah menyiapkan forum diskusi membahas persiapan kuliah tatap muka di perguruan tinggi khususnya di Universitas Sumatera Utara ini agar dapat tersosialisasikan kepada civitas akademika dan masyarakat yang sudah lama menantikan kapan perkuliahan tatap muka mulai dilakukan. 


Dalam paparannya, Wagubsu berharap agar angka COVID-19 tidak meningkat lagi dan terus melandai, hal ini menurutnya penting sebagai syarat utama agar perkuliahan tatap muka terbatas bisa dilakukan. 


“Kami dari pemerintah provinsi Sumatera Utara berharap agar pandemi ini tidak meningkat lagi, jadi protokol kesehatan yang utama, juga vaksinasi terus kami lakukan bersama Forkopimda Sumatera Utara, TNI-Polri seluruhnya untuk terus bergerak lakukan vaksinasi di kabupaten/kota sampai dengan tingkat kelurahan,” ujar pria yang juga akrab disapa Ijeck ini. 


Wagubsu menekankan, persiapan yang harus dilakukan perguruan tinggi untuk memulai perkuliahan tatap muka terbatas ini harus sesuai dengan aturan-aturan yang diminta oleh pemerintah, mulai dari pedoman perkuliahan sampai dengan persiapan sarana dan prasarana yang memadai untuk memastikan perkuliahan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan. 


“Termasuk melaporkan ke Satgas COVID-19 setempat serta lembaga layanan pendidikan tinggi, dan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. 


Selain itu, Wagubsu juga menegaskan agar jam belajar juga diatur dengan menerapkan sistem pembagian kelas yang sesuai dengan prosedur, nanti pihak universitas yang harus memastikan agar tidak terjadi kerumunan di satu waktu. Selain itu, lanjut Wagubsu, vaksinasi juga harus dilakukan serta tersedianya layanan kesehatan untuk mahasiswa juga harus memadai. 


“Selama perkuliahan wajib pakai masker, menggunakan alat belajar secara pribadi, serta meminimalkan jika ada yang terindikasi ada mahasiswa yang terjangkit COVID-19, kampus juga sudah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk antisipasi,” tegasnya.

perkuliahan tatap muka terbatas di perguruan tinggi bisa dilakukan, terlebih lampu hijau sudah diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendikbud Ristek dan kementerian terkait lainnya. Pastinya, pria yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Sumut ini berharap agar apa-apa saja yang menjadi aturan dan protokol kesehatan harus benar-benar dipatuhi serta harus tetap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah. 


Sebelumnya, Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara, Dr. Edy Ikhsan, SH, MA yang juga hadir sebagai keynote speakers juga telah memaparkan beberapa persiapan yang telah dilakukan Universitas Sumatera Utara jelang perkuliahan tatap muka terbatas. Dalam penjelasannya, Edy menyampaikan bahwa USU siap melaksanakan perkuliahan tatap muka dimulai pada awal tahun 2022 mendatang. 


“Kita dari Universitas Sumatera Utara insya Allah siap menggelar perkuliahan tatap muka terbatas mulai semester depan, yakni awal tahun 2022 mendatang. Jadi kami dari pihak rektorat juga sudah menerbitkan panduan perkuliahan tatap muka terbatas kepada dosen dan mahasiswa yang dalam waktu dekat akan segera kita sosialisasikan. Dari segi infrastruktur juga sudah kita siapkan. Intinya, kita optimis ini bisa berjalan,” ujarnya. 


(Image/Gambar) : foto bersama Narasumber-narasumber hebat dalam diskusi IMAMIKOM USU


Selain menghadirkan Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Rektor I sebagai keynote speakers, diskusi ini juga dihadiri oleh tiga orang narasumber utama diantaranya adalah Ketua Komisi E DPRD Sumatera Utara, Dimas Tri Adji, S.I.Kom, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU, Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Si dan Guru Besar Ilmu Komunikasi USU, Prof. Dra. Lusiana Andriani Lubis, MA, Ph.D. Turut hadir dalam acara ini, Ketua Umum IMAMIKOM USU, Muhammad Fadli, S.I.Kom, Ketua Program Studi S2/S3 llmu Komunikasi USU, Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si, Dekan FISIP USU, Drs. Hendra Harahap, M.Si, Ph.D dan Ketua Magister Ilmu Komunikasi UMSU, Hj. Rahmanita Ginting M.Sc, Ph.D serta Putri Indonesia Lingkungan Sumatera Utara 2016, Sarah Pia Desideria yang hadir sebagai moderator. 


“Kita juga mengundang beberapa perwakilan mahasiswa dalam diskusi ini, ada Presiden Mahasiswa USU dan beberapa jajarannya, PEMA Fakultas, Suara USU, USU Media, perwakilan dari organisasi ekstra seperti HMI, GMNI, PMII, GMKI, dan sebagainya,” papar Ketua Panitia, Fauzan Ismail saat menyampaikan laporannya.


(Red-SP.ID/ARS)