Kepala KPH Wilayah IV Balige Sidak Lahan Pengembangan Wisata Alam di Desa Pardomuan Ajibata Toba -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Kepala KPH Wilayah IV Balige Sidak Lahan Pengembangan Wisata Alam di Desa Pardomuan Ajibata Toba

Kamis, 20 Juni 2024

 




Ajibata, Sumutpos Id,- Kepala Satuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Balige, Hombar Sinurat bersama tim melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lahan Pengembangan Objek Wisata Alam dan Agro Wisata di Desa Pardomuan Ajibata, Kabupaten Toba,  Rabu (19/6/2024).


Saat kunjungan Hombar Sinurat membenarkan bahwa lahan yang sedang dikerjakan oleh masyarakat untuk membuka objek wisata alam dan agro wisata di Desa Pardomuan Ajibata berada pada Lahan Alokasi Penggunaan Lain(APL) dan bukan kawasan hutan.


 “Jaraknya ada sekitar 2 kilometer lagi ke batas kawasan hutan,” ujar  Hombar Sinurat kepada wartawan.


Sinurat menambahkan bahwa rencana pembangunan objek wisata alam dan agro wisata di desa tersebut dapat dilanjutkan dengan syarat tetap mempertahankan kelestarian lingkungan. 




" Program pembangunan objek wisata  agro ini tidak boleh merusak lingkungan,  Apabila ada aktivitas penebangan kayu, masyarakat harus melakukannya dengan prosedur  benar serta melakukan penanaman kembali agar tertata dengan baik sesuai konsep pengembangan wisata alam yang  lestari dan berkelanjutan," harapnya, 


Sementara itu, Kepala Desa Pardomuan, Tambatua Sirait, saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (19/6/2024), mengatakan bahwa pengembangan wisata alam dan agro wisata di Desa Pardomuan Ajibata ini dilaksanakan dengan konsep penataan berbasis masyarakat (community development). 


" Konsep ini mencakup fasilitasi administrasi kepemilikan lahan, tanah masyarakat, serta pembukaan akses jalan yang menghubungkan Desa Pardomuan Ajibata dengan Kelurahan Girsang di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Parapat, Kabupaten Simalungun," tegasnya,


Selaku pemerintahan Desa, ucap Tambatua ,  berkomitmen untuk memfasilitasi masyarakat agar melaksanakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dan  membuka akses jalan yang menghubungkan Desa Pardomuan Ajibata menuju Kelurahan Girsang dan Kelurahan Parapat.


" Pembukaan akses jalan dilakukan dengan swadaya masyarakat tanpa ada ganti rugi tanah. Desa Wisata Pardomuan Ajibata memiliki potensi strategis karena berjarak hanya 1,5 km dari Hotel Niagara Parapat, 1 km dari lahan eks lapangan golf Kelurahan Girsang, dan sekitar 10 km dari objek wisata Caldera Nomadic Escape Sibisa, Potensi wisata desa yang sudah dikunjungi wisatawan meliputi panorama alam dan pesona air terjun Batu Papan, wisata river tubing Aek Naborsahan, camping di bantaran sungai, dan hamparan terasering persawahan," tegasnya,


Tambatua Sirait juga   berharap, pengembangan pembuka akses jalan mendapat respon dan  dukungan dari masyarakat serta  berbagai sektor. 


" Kita harap   perantauan dan investor bisa mendukung waisata alam agro ini, begitu juga pihak Pemerintah bisa mempermudah perizinan serta  memfasilitasi demi   meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita," pinta Kepala Desa Pardomuan itu.

(RED-SP-ID/Hery)