Polres Padang Lawas Melakukan Pengamanan Unjuk Rasa Di Kantor Bawaslu Kabupaten Padang Lawas -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Polres Padang Lawas Melakukan Pengamanan Unjuk Rasa Di Kantor Bawaslu Kabupaten Padang Lawas

Selasa, 27 Februari 2024




Palas, Sumutpos.id - Kapolres Padang Lawas AKBP Diari Astetika S.IK yang di dampingi Waka Kompol Sugianto S.Pd langsung turun dalam pengamanan unjuk rasa di kantor Bawaslu Kabupaten Padang Lawas,Senin,26/02/2024


Personil Dalmas di bawah pimpinan Kasat Samapta AKP M Husni Yusuf di dampingi Kasi propam langsung melakukan pengamanan unjuk rasa Damai yang dilaksanakan Massa Aliansi Mahasiswa, Pemuda dan Masyarakat


Dalam tuntutannya menduga sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara terindikasi banyak terjadi kecurangan.


Akibatnya, massa yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Mahasiswa dan Pemuda serta masyarakat pendukung Caleg PKB No.urut 1 Elfin Hamonangan Harahap Daerah Pemilihan (Dapil) II Mendatangi kantor Bawaslu Padang Lawas, Senin (26/2/24), minta ketegasan Bawaslu dan meminta dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di Dua (2) TPS.


Kordinator aksi Freddi Manda Saputra Siregar mengatakan, dugaan pelanggaran Pemilu 2024 yang terjadi di sejumlah TPS tepatnya di TPS 004 Pasar Binanga dan TPS 006 bukan isapan jempol


Freddi bersama rekan rekan Aliansi membawa bukti-bukti dugaan pelanggaran tersebut yang akan dijadikan bahan pembuktian.


“Kami bersama masyarakat datang membuat pengaduan dan membawa banyak bukti dugaan kecurangan di 2 TPS Dapil II Kecamatan Barumun Tengah tepatnya di Desa Pasar Binanga,” ujarnya.







Freddi menilai hal tersebut bisa terjadi karena kecerobohan Bawaslu Kabupaten Padang Lawas dan petugas di tingkat bawahnya dalam mengawasi Pemilu.


Freddi dkk menuntut Bawaslu Padang Lawas segera mempelajari berkas pengaduan yang sudah mereka berikan, dan pihaknya meminta Bawaslu segera mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukan penghitungan suara ulang maupun pemungutan suara ulang.


Ketua Bawaslu Padang Lawas, Alex Sobar Nasution S.PdI didampingi Komisioner Hj.Ningtiasih, Berlin Toga Langit Harahap dan Korsek Erwin Saleh Siregar saat menerima massa mengatakan, Terima kasih kepada rekan rekan Massa Aliansi Mahasiswa, Pemuda dan Masyarakat yang telah ikut bersama sama berpartisipasi mengawasi Pemilu 2024, pihaknya masih akan mempelajari sejumlah bukti baru yang dibawa Perwakilan Massa Aliansi, karena dibutuhkan proses panjang, katanya.


“Laporan sudah kami Terima dan sudah diregistrasi, Rata-rata dokumen yang kami terima berisi tentang dugaan pergeseran perolehan suara. Nanti akan kami sandingkan dengan C hasil salinan pengawas di TPS dan C hasil plano yang kami miliki,” ungkapnya.


"Unjuk rasa Massa Aliansi Mahasiswa, Pemuda dan Masyarakat yang dilaksanakan di kantor Bawaslu Kabupaten Padang Lawas berjalan aman dan kondusif"Ucap Kapolres AKBP Diari Astetika Yang didampingi Kasie Humas Polres Palas.

 (Red-SP.ID/MYT)