Pembangunan Kabupaten Toba Prioritaskan Pariwisata -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pembangunan Kabupaten Toba Prioritaskan Pariwisata

Kamis, 01 Februari 2024



Toba 1/2/2024 Sumutpos.id - Bupati Toba, Poltak Sitorus menyebutkan dari semua usulan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) akan dibuat mana yang paling prioritas dan diselaraskan dengan arah kebijakan pembangunan tingkat Kabupaten Toba. Prioritas saat ini adalah bidang Pariwisata, Pertanian dan Pendidikan.


Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus dalam arahannya saat mengikuti Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025 di dua tempat Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan pada Rabu (31/1/2024).


Dimulai pada Musrenbang Kecamatan Balige di Serbaguna HKBP Balige. Bupati Poltak Sitorus mengatakan tujuan Musrenbang ini supaya nyambung dengan apa yang dipikirkan pusat, provinsi dan kabupaten. Harus selaras.


"Pembangunan tahun 2023 sudah banyak tapi masih banyak juga yang kurang untuk diperbaiki kemudian. Pature torus ,Torus Pature. (Perbaiki terus menerus). Infrastruktur akan terus kita perbaiki,"katanya.


Di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid -19 selama dua tahun, Pemkab Toba pun akhirnya belakang ini dapat meraih sejumlah prestasi atas kerja sama semua pihak diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Toba mencapai 76 ,38 di atas IPM Provinsi Sumatera Utara 75,13.Untuk tingkat kemiskinan 8,99 dapat turun menjadi 8,04 persen.





Pada kesempatan ini, Poltak Sitorus juga menyosialisasikan event F1 Power Boat (F1H2O) yang akan digelar pada 23-25 Februari 2024. Dipesankan kepada warga khususnya pelaku UMKM agar berkreasi dan inovasi untuk menjual makanan dan minuman serta suvenir guna meningkatkan pendapatan masyarakat.


Hal yang sama juga disampaikan Bupati Toba Poltak Sitorus pada acara berikutnya Musrenbang Kecamatan Tampahan di Aula Kantor Camat Tampahan.


Bagi petani di Tampahan akan diberikan bantuan bibit kopi mengingat daerah ini terkenal salah satu penghasil kopi. Secara khusus , bupati berpesan agar kopi tersebut juga dapat disajikan untuk dinikmati wisatawan dengan mendirikan coffee shop.


Hadir dalam 2 Musrenbang kecamatan ini yaitu anggota DPRD Kabupaten Toba St.Sabaruddin Tambunan dan Boy Antoni Simangunsong, unsur Muspika setempat, pimpinan atau perwakilan OPD, BKAG kecamatan ,dan undangan tokoh masyarakat.

(Red-SP.ID/DS)