Polres Simalungun Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Polres Simalungun Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Selasa, 19 Desember 2023




(Image/Gambar) : Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung saat rapat Lintas Sektoral Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.



Simalungun - Sumutpos.id : Polres Simalungun hari ini mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba-2023 yang dilaksanakan di Aula Andar Siahaan, Markas Komando Polres Simalungun. Sumut, Senin (18/12/2023).


Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai instansi dan pemangku kepentingan guna memastikan kesiapan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Simalungun.


Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung memberikan beberapa arahan penting. Beliau menegaskan bahwa kesiapan Polres Simalungun dalam menghadapi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 adalah mutlak dan harus dipersiapkan dengan baik, Kapolres menyampaikan beberapa poin penting.



Iklan Partai Kebangkitan Nusantara, Caleg PKN Sumut 3



"Kami memastikan bahwa koordinasi antar instansi harus berjalan dengan baik. Ini adalah kunci utama untuk memastikan bahwa setiap aspek pengamanan dapat berjalan dengan efisien dan efektif, untuk itu Polres Simalungun telah menyiapkan 445 Personel Polri yang nanti akan ditambah dari TNI, Dinas Kesehatan, Perhubungan, Sat Pol-PP, BPBD serta Pemadam Kebakaran Pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun," ucap AKBP Ronald.


Beliau juga menyerukan pentingnya pengawasan dan pengendalian massa, mengingat perayaan tersebut biasanya melibatkan banyak orang berkumpul. "Saya minta semua pihak untuk proaktif dalam melakukan pemantauan dan pengendalian massa. Kita harus berusaha mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban, selain itu juga Polres Simalungun akan mendirikan 12(dua belas) Pos, yang terbagi menjadi beberapa kategori yaitu 5(lima) Pos Pelayanan, 6(enam) Pos Pengamanan serta 1(satu) Pos Pengamanan Terpadu, yang sudah ditentukan lokasinya," tambahnya.



Iklan Partai Kebangkitan Nusantara, PKN kota Pematangsiantar, PKN Menang Horas Sianturi SH, MH, MTh Menuju Siantar 1 


AKBP Ronald menjelaskan lebih lanjut tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam menangani kemungkinan gangguan keamanan. "Saya ingin memastikan bahwa kita sudah mempersiapkan segala skenario dan siaga menghadapi potensi-potensi yang bisa mengganggu keamanan. Kita harus siap, responsif, dan tanggap terhadap segala kejadian yang terjadi."


Kapolres juga menyinggung soal pelayanan masyarakat, terutama berkaitan dengan fasilitas umum dan layanan darurat. "Kepada Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, hingga instansi lainnya yang terkait, diharapkan untuk selalu siap sedia memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. 


Kita harus memastikan setiap masyarakat yang membutuhkan pertolongan dapat segera mendapatkan bantuan dengan cepat dan tepat, Kami juga berharap kepada KSOPP Danau Toba untuk dapat memastikan angkutan umun air yaitu Kapal-kapal yang beroperasi di danau toba layak untuk dipergunakan dan tetap melaksanakan SOP seperti ketentuan pengangkutan serta manifes penumpang," ujar AKBP Ronald.



Iklan Pemkab Simalungun 



"Mari kita bekerja sama dengan baik. Sinergi antara Polri dengan instansi terkait, termasuk masyarakat, akan menjamin keamanan dan kesuksesan perayaan yang hendak kita laksanakan," ajak Kapolres dengan semangat.


Dengan sambutan yang menggugah tersebut, semua pihak yang hadir pada rapat koordinasi lintas sektoral tersebut diminta untuk berkomitmen memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Simalungun dapat dilalui dengan aman, nyaman, dan penuh kedamaian.


Rapat ini secara resmi dipimpin oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., dan diawali pukul 09.30 WIB hingga selesai. Para peserta yang hadir dalam pertemuan ini mencakup perwakilan dari berbagai sektor di lingkup kepolisian seperti Kabag Ren, Kabag Log, para Kapolsek sejajaran Polres Simalungun, Kasat Samapta, Kasat Binmas, Kasat Pam Obvit, Plt. Kasi Propam, Kasi Humas, dan pengurus Pemuka Agama Mitra Kamtibmas (PAMK) dan personel Polres Simalungun.


Selain itu, rapat juga dihadiri oleh stakeholder terkait, termasuk PT. Jasa Raharja Samsat Simalungun, Ketua PGID, perwakilan dari Disperindag Pemkab Simalungun, Kesbangpol Pemkab Simalungun, Camat Tapian Dolok, Denpom I/Pematang Siantar, KSOPP Danau Toba, Wadanki Brimob Yon-B Pematangsiantar, Dinas Kesehatan, BNN Simalungun, pengurus FKUB, serta para perwakilan dari Kodim 0207/Simalungun, Satpol PP, OPD Pemkab Simalungun, Kapolsek Sejajaran, Danramil Sejajaran, Camat, Pimpinan Perangkat Daerah, Direktur RSUD, Pimpinan Forkopimcam, dan Direktur BUMN serta BUMD se-Kabupaten Simalungun, juga termasuk lurah, pangulu, hingga kepala UPTD Kecamatan Raya.


Tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk mengatur strategi dan kerjasama antar lembaga serta komponen masyarakat dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif selama periode liburan Natal dan Tahun Baru. Secara spesifik, pembahasan meliputi penanganan arus lalu lintas, pencegahan tindak kejahatan, hingga koordinasi pelayanan masyarakat selama periode liburan.


Sebelum menutup sambutannya, AKBP Ronald Sipayung menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi lintas sektoral agar momentum perayaan berlangsung dengan aman dan nyaman. "Dengan persiapan yang matang dan kerjasama semua pihak, kita semua berharap dapat memberikan pengalaman perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman dan damai bagi masyarakat Kabupaten Simalungun," pungkas AKBP Ronald.


Polres Simalungun menyatakan kesiapannya dalam menghadapi segala kemungkinan dan memastikan keamanan terjaga demi kedamaian dan kebahagiaan bersama selama perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang. (Red-SP.ID/FIS)