Bupati Anwar Sadat Luncurkan SRIKANDI dan GNSTA di Lingkup Pemkab Tanjab Barat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Anwar Sadat Luncurkan SRIKANDI dan GNSTA di Lingkup Pemkab Tanjab Barat

Selasa, 19 Desember 2023



Kuala Tungkal, Sumutpos.id - Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., secara resmi meluncurkan SRIKANDI (Sistem Informasi Kerasipan Dinamis Terintegrasi) dan mencanangkan GNSTA (Gerakan Nasional Sadar Tertib Arip) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Senin (18/12).


Launching SRIKANDI dan Pencanangan GNSTA yang di gelar di Balai Pertemuan kantor Bupati tersebut ditandai dengan sentuh layar videotron, oleh Bupati Tanjab Barat dan Deputi Pembinaan Kearsipan ANRI, Dra. Desi Pratiwi, MIM didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jambi, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


Dalam sambutannya, Bupati Tanjab Barat menyampaikan bahwa SRIKANDI merupakan sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang dapat digunakan untuk mengelola arsip secara digital. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


"Dengan adanya SRIKANDI, kita dapat mengelola arsip dengan lebih mudah dan cepat. Arsip dapat diakses secara online dari mana saja, sehingga kita dapat memaksimalkan pemanfaatan arsip untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan," ujar Bupati Tanjab Barat.


Selain meluncurkan SRIKANDI, Bupati Tanjab Barat juga mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arip. Dirinya berharap dengan adanya GNSTA, masyarakat dapat memahami pentingnya arsip dan berperan aktif dalam pengelolaan arsip. 


"Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang penting. Dengan tertib arip, kita dapat menjaga keutuhan dan keterpercayaan informasi yang tersimpan dalam arsip," ujar Bupati Tanjab Barat.


Sementara itu, Deputi Bidang Pembinaan ANRI, Dra. Desi Pratiwi, MIM, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas peluncuran SRIKANDI oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Ia berharap, SRIKANDI dapat menjamin kearsipan yang otentik.


"Pengelolaan arsip ini bukan hanya tanggung jawab OPD kearsipan, tetapi tanggung jawab seluruh OPD," katanya


"Dengan kearsipan yang terintegrasi, kita dapat mendukung tatakelola pemerintahan yang baik, layanan SPBE, dan digitalisasi." Pungkasnya


Acara launching SRIKANDI dan Pencanangan GNSTA tersebut ditutup dengan penandatanganan Komitmen Bersama mendukung implementasi SRIKANDI dan GNSTA dalam bentuk Banner. Komitmen tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati, Kepala OPD, Camat dan Kepala Bagian lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat.


Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sarolangun, Tebo, bungo dan Tanjung Jabung Timur, Pejabat Tinggi Pratama, Administrator dilingkup Pemkab Tanjung Jabung Barat.

(Red-SP.ID/Lingga)