Alumni AKABRI mil dan AKPOL Sumut Kompak Bakti Sosial Bantu Bencana Banjir di Haranggaol Horison Simalungun -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Alumni AKABRI mil dan AKPOL Sumut Kompak Bakti Sosial Bantu Bencana Banjir di Haranggaol Horison Simalungun

Sabtu, 30 Desember 2023





Simalungun, Sumutpos Id,-  Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) dari Sumatera Utara (Sumut), diantaranya  Matra Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (AKPOL) Sumut )menujukan rasa peduli terhadap masyarakat terdampak banjir bandang yang terjadi pekan lalu  di Dusun II Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun. 


Kegiatan Bakti Sosial itu kompak dilakukan para Akademi AKABRI -AKPOL yang dikoordinir oleh Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH, MH bersama dengan Pasi Intel Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf CH. Tarigan, Jumat (29/12/23).


 . “Peristiwa banjir bandang yang telah memporak-porandakan Dusun II Binanga Bolon tidak lain adalah satu cobaan yang harus kita hadapi bersama. Hari ini, saudara-saudara kita di sini membutuhkan bukan hanya kekuatan batin, tetapi juga dukungan material untuk bangkit kembali,” ungkap Wakapolres.





Dikatakannya, saat ini  dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) dari Sumatera Utara (Sumut) yang terdiri dari Matra Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (Akpol) yang ada di Provinsi Sumatera Utara ikut rasa peduli dengan menyerahkan bantuan. 


" AKABRI - AKPOL hadir di tengah-tengah saudara sekalian untuk memberikan bantuan kepada 28 KK, dan semoga dapat meringankan beban yang sedang ditanggung, meski tidak mampu menggantikan segala yang hilang, atas  kepedulian dan solidaritas bahwa kita semua satu keluarga besar, satu bangsa harus saling menolong di kala suka maupun duka,"jelas Efianto.


Wakapolres Simalungun itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat saling rangkul satu sama lain. Berkolaborasi dan bahu-membahu mengatasi cobaan dan membangun kembali yang telah hilang.


"Kami juga berharap proses pembangunan infrastruktur, khususnya jembatan Bailey, dapat segera selesai. Sehingga mobilitas saudara-saudara kita dapat kembali normal dan perekonomian bisa pulih,” harap Efianto.




Setelah usai  kata  sambutan, personel dari Dandim 0207 Simalungun, Kapolsek Purba, Kasi Humas Polres Simalungun serta pejabat dari BNPB, Dinas PU, dan Lurah Haranggaol, menyerahkan bantuan kepada masyarakat setempat.


Selanjutnya, Tim juga mengunjungi dan memeriksa progres pembuatan jembatan Bailey. Untuk sementara ini, jalan penghubung hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki dengan ekstra hati-hati, mengingat kondisi jembatan darurat yang masih memanfaatkan papan kayu.


Iklan Partai Kebangkitan Nusantara, PKN kota Pematangsiantar Caleg No urut 1 Dapil 2 


Dua unit alat berat juga dioperasikan untuk menata dan menyusun material batu guna memudahkan konstruksi jembatan Bailey serta memperlancar aliran air.

Diketahui, Banjir bandang di Dusun Binanga Bolon terjadi pada Rabu (20/12/23) sekira pukul 17.00 WIB. Saat  bencana terjadi 2 unit rumah serta 25 makam milik masyarakat hanyut ke Danau Toba. Selain itu, banjir juga memutus jalur  Alternatif jalan  Tigaras-Haranggaol Horison dan merusak ratusan hektar lahan pertanian warga.

(RED-SP-ID/Hery) 



.