DPD Aceh Sepakat Ikuti Kirab Pesta Budaya Njuah Njuah Dairi 2023, Pakaian Keseharian Ala Cut Nyak Din, Rentjong Atjeh Mendominasi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

DPD Aceh Sepakat Ikuti Kirab Pesta Budaya Njuah Njuah Dairi 2023, Pakaian Keseharian Ala Cut Nyak Din, Rentjong Atjeh Mendominasi

Kamis, 02 November 2023

 



Dairi//sumutpos.id : DPD Aceh Sepakat pimpinan ustad Maysuardi S.Pd ,ikuti kirab budaya pesta Njuah juah Dairi 2023 yang diadakan di Stadion Panji Bako kamis 2 /11/2023.


Acara yang spektakuler diikuti oleh seluruh OPD dan 15 kecamatan serta tampilan tampilan dari etmis suku yang ada di Dairi ini,di buka resmi oleh pejabat no 1 propinsi sumatera utara pj Gubernur Bapak Hasanudin.


Dihadiri oleh para tetua marga sulang silima dan tetua marga pemangku hak ulayat.suku Aceh yang didomnasi sangat minim tidak mau ketinggalan menunjukan para penari seudati dan wanita Aceh ala keseharian cut nyakdien dengan memakai kain panjang sebagai penutup kepala.

Aneh mrmang trtapi itulah keunikan yang sangat sederhana namun dapat menjadi pertanyaan masyarakat banyak yang belum mengetahui nya.



Begitu juga Replika Rentjong Atjeh Raksasa yang notabene pusaka pahlawan kita Teuku Umar Johan Pahlawan yang di pamerkan kontingen aceh sepakat ini adalah karya para anak aceh dan orang kita batak yang telah menjadi menantu suku aceh.


Mereka berusaha semaksimal mingkin untuk melestarikan budaya Aceh ditanah Dairi ,sebab budaya adalah warisan leluhur,dimanapun kita tinggal budaya suku asal tetap terjaga dan juga tetap menjunjung tinggi budaya daerah tempat tinggal kita yakni Dairi dengan budaya pak pak nya karna kita adalah isi dari Bhineka tunggal ika berbeda suku, agama, ras ,dan golongan namun satu yaitu Indonesia",ucap Maisuardi.


Antusias anggota aceh sepakat sangat luar biasa walau di dominasi oleh suku batak toba,bahkan jawa minang dan lainnya.Mereka salin bahu membahu untuk dapat tampil diacara kirab budaya ini yang disaksikan ribuan mata pengunjung dari satu kabupaten Dairi terlebih PJ Gubernur Bapak hasanudin.

(Red-SP.ID/CS)