Tindak Lanjuti RPerpres RI , Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Monitoring ke RSUD Parapat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Tindak Lanjuti RPerpres RI , Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Monitoring ke RSUD Parapat

Selasa, 12 September 2023



Parapat, Sumutpos.id,- Dalam rangka menindaklanjuti Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) Republik Indonesia tentang pengembangan Wellness Tourism secara terpadu di Destinasi Pariwisata Prioritas Sumatera Utara. 


Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat melakukan monitoring dan  kunjungan kerja  ke Rumah Sakit Daerah Umum Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun , Sumatera Utara pada Senin(11/9-2023). 


Kunjungan Tim Kemenkes turut juga didampingi Dinas Kesehatan dari Provsu dan  Kesehatan Simalungun. Yang di sambut oleh Direktur RSUD Parapat dr Jimmy Gultom dan KTU Lentina  Marpaung.


Kepada media, Tim Kerja Kesehatan Tradisional Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Pandhu mengatakan, Kementrian Kesehatan mendukung pelayanan kesehatan tradisional di RSUD Parapat, salah satu unsur menjadi Rumah Sakit Pariwisata (Hospital Tourism) dalam rangka tindak lanjut program RIDPN (Rencana Induk Destinasi Pariwisata Nasional) Danau Toba.


"Kunjungan ini melihat seberapa jauh kesiapan RSUD Parapat untuk mengintegrasikan kesehatan dengan pariwisata dalam mendukung kebugaran (wellness tourism) dan pelayanan kesehatan tradisional," ujarnya.



Pandhu menekankan agar RSUD Parapat bisa mendukung dan menerapkan wellness tourism sebagai pelayanan kesehatan tradisinal untuk mengembangkan wisata kesehatan.


"Rencana kedepan kita akan buat poli kesehatan tradisional dengan dokter spesialis akupuntur di RSUD Parapat," ujar Pandhu.


Dalam kesempatan itu, Direktur RSUD Parapat dr Hendry Jimmy Gultom mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim Kemenkes ke RSUD Parapat. 


iklan pemilihan pangulu serentak kabupaten simalungun 



"Menjadikan RSUD Parapat sebagai Wellnes Tourism atau Hospital Tourism sejalan dengan program Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldy, dengan Visi Rakyat Harus Sejahtera dan Misi Pemulihan Kesehatan, tentu saya selaku pimpinan di RSUD Parapat siap mengemban tugas dan menyelaraskan program Bupati Simalungun dengan Pariwisata dan Pelayanan kesehatan," ucap dr Jimmy. 


Setelah siap melakukan monitoring, Tim kemenkes meningalkan RSUD Parapat dan kembali melakukan kunjungan ke Puskesmas Parapat. Dan informasinya akan mengunjungi Rumah Sakit di 8 Kabupaten pinggiran Danau Toba. (Red-SP.ID/Hery)