Satpol PP Simalungun Gerak Cepat Menutup Tambang Liar di Parbeokan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Satpol PP Simalungun Gerak Cepat Menutup Tambang Liar di Parbeokan

Rabu, 06 September 2023

 


Simalungun -Sumutpos.id:Semenjak adanya aduan dari warga Huta V Parbeokan Hulu Desa Buntu turunan Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun terhadap Bupati Simalungun c.q: Kasatpol PP, bahwa adanya giat Tambang liar galian C di desa mereka yang begitu merusak lingkungan dan ekosistem, maka, Pemerintah Kabupaten Simalungun dengan sangat cepat merespon dan langsung mengutus team yang lengkap dari Satpol PP ke lokasi.



Adapun nama-nama team dari satpol PP yang turun ke lapangan adalah:


1.Kasatpol PP : Adnadi Girsang, M.Si.


2. Kabid KUKM : Hermanto Sijabad, SH.


3. Kasi kerja sama : Lili Hendra Wiguna SH.



4. Kasi Satlinmas : Ganda Aritonang, SH.


5. Ruslan Tanjung, SH (staff)


6. Pengadilan Harahap (staff)


7. Rusdi Lumban Raja (Banpol).


Sesampainya team dari satpol PP ke lapangan, yang dipimpin langsung oleh Kasatpol PP bapak A. Girsang, menjumpai para penambang liar tersebut dan kebetulan bos penambang liar ada di lokasi saat itu yang berinisial JS.



Team melakukan pendekatan secara persuasif dan humanis, menjelaskan peraturan tentang yang mengatur pendirian ijin tambang galian C beserta regulasinya.


Setelah penjelasan kepada saudara JS disampaikan dengan tegas, lugas dan terperinci, maka, Kasatpol PP memerintahkan giat Tambang liar tersebut harus ditup sampai keluarnya nanti ijin dari Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral.


iklan pemilihan pangulu serentak kabupaten simalungun 



Sementara mengenai LP proses pidananya sedang di tangani oleh Kasatreskrim Simalungun dengan intensif apakah memenuhi unsur pidana atau tidak. Kalau ternyata penyidik nanti menemukan unsur Perbuatan Melawan Hukum (PMH), maka, besar kemungkinan pelaku tambang liar tersebut akan di tahan.


Untuk itu, atas tindakan dari satpol PP yang begitu cepat tersebut, warga sangat berterimakasih kepada bapak Bupati Simalungun ( Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH), juga kepada bapak Sekda Simalungun (Drs. Esron Sinaga M.Si), yang langsung mengutus jajarannya turun ke lapangan.



Warga berharap kepada bapak Bupati, Sekda dan kususnya Satpol PP Simalungun, agar tetap mengawasi giat Tambang liar tersebut sehingga dapat dipastikan tutup secara permanen sampai adanya ijin resmi.


Warga juga berharap kepada kepala Desa/ Pangulu: Bapak Roberto N, agar turut serta mengawasi giat Tambang liar tersebut.


Awak media sumutpos.id beserta puluhan media online lainnya akan selalu mengawal dan mengawasi bilamana ada giat Tambang liar yang merusak ekosistem dan lingkungan. (Red-SP.ID/JB)