Pesta Budaya Oang Oang Pakpak Bharat Ke -20 Sangat Meriah -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Pesta Budaya Oang Oang Pakpak Bharat Ke -20 Sangat Meriah

Senin, 31 Juli 2023



Pakpak Bharat,Sumutpos.id:Pesta OANG-OANG atau pesta Budaya,merupakan sebuah agenda rutin tahunan dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat.


Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, DPRD, Kapolres Pakpak Bharat Kejaksaan, Para OPD, Forkopimda,Tokoh Adat, Tokoh Pemuda,Tokoh Masyarakat, dari Perintah kecamatan dan Desa serta undangan dari berbagai unsur lainnya dan tentunya dari masyaraka seluruh kabupaten Pakpak Bharat.


Pesta Budaya Oang Oang ini merupakan rangkaian dari Calender Of Event Pariwisata dan menjadi agenda Pariwisata Nasional yang bertujuan untuk lebih mengenal secara lebih mendalam tentang Budaya Pakpak dan sebagai ajang promosi Pariwisata.


Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Napasengkut Salak 26/07/2023 dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat Maranatha Padang, dalam kata sambutanya beliau menyampaikan bahwa kegiatan rutin ini dilakukan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat, budaya dan tradisi suku Pakpak yang sudah ada semenjak dahulu kala sebagai leluhur suku Pakpak khususnya yang mendiami tanah Suak Simsim (kabupaten Pakpak Bharat).


Yang dimana kegiatan ini dikemas dengan berbagai jenis kegiatan Kebudayaan Pakpak diantaranya Menggustungken Api, yang bermakna untuk menyatukan tekad dan persepsi dalam membangun Kabupaten Pakpak Bharat menuju Masyarakat Nduma dan juga berbagai jenis perlombaan kebudayaan dan tradisi Pakpak, dimana disetiap bentuk yang ditampilkan tentunya mempunyai nilai dan makna yang mendalam bagi Suku Pakpak dan tentunya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai hari ini hingga tanggal 28 Juli 2023 dan tentunya selama 3 hari tersebut dirangkai dengan berbagai acara yang menjadi hiburan bagi Masyarakat.


Dalam penutupan sambutanya, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata mengucapkan Selamat dan sukses dan selamat datang bagi seluruh undangan dan Masyarakat dalam pesta Budaya OANG-OANG ini, mudah-mudahan acara ini sukses sampai selesai tutupnya sembari membuka tanda dimulainya acara tersebut. (Red-SP.ID/BRT)