Bupati Toba Bersama Mahasiswa Universitas Luar Negeri Jadi Motivator di SMP Negeri 1 Silaen -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Bupati Toba Bersama Mahasiswa Universitas Luar Negeri Jadi Motivator di SMP Negeri 1 Silaen

Selasa, 18 Juli 2023

 


Toba (18/7/23) Sumutpos.id:Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Silaen serentak bagaikan nyanyian koor menjawab pertanyaan  Bupati. 

"Can you reach your dream?" kata Poltak Sitorus yang merupakan alumnus SMP Negeri 1 Silaen.

"Yes i can," jawab para siswa.


Jawaban bersemangat meraih cita-cita  itu diperoleh setelah Bupati Poltak  bersama dua mahasiswa berprestasi Kevin dan Arman memberikan motivasi belajar kepada para siswa dalam rangkaian memberikan arahan pada Upacara Bendera yang digelar di halaman SMP Negeri 1 Silaen, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Sumatera Utara Senin (17/7/23).


Bupati Poltak yang bertindak sebagai  Pembina Upacara Bendera sebelumnya memperkenalkan dua mahasiswa berprestasi yang mendapat beasiswa  pemerintah untuk kuliah  di luar negeri.


Kedua siswa itu adalah Kevin Danuarta Siahaan, alumnus SMP Budhi Dharma Balige, SMA Negeri 2  Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige dan Arman Syahputra Marpaung, yang merupakan alumnus SMP Negeri 4 Balige, SMA Unggul Del Laguboti. 


Kevin akan melanjutkan pendidikan ke Nanyang Technological University di Singapura, sementara Arman akan melanjutkan pendidikan ke University of New South Wales (UNSW Sydney) Jurusan Electrical Engineering. 


Pada kesempatan ini, Kevin dan Arman berbagi pengalamannya dalam menghadapi tantangan selama pendidikan dan trik serta  strategi meraih beasiswa. 


Salah satu poin penting  dalam hal belajar  itu adalah dimulai kebiasaan bangun pagi pukul 5.00 , setelah itu belajar sekitar 1 jam.


Kemudian di sekolah ikut dalam kelompok berdiskusi dan berusaha meningkatkan rasa ingin tahu pengetahuan dari berbagai sumber termasuk internet l, tidak main game.Tetapi juga mempunyai waktu istirahat, bermain , mendengar musik, menonton film. Hal ini membuat keseimbangan hingga pikiran menjadi lebih segar untuk belajar lagi. 



Bupati  juga memberikan motivasi,  bahwa sekolah di Silaen  ini telah melahirkan  3 pemimpin di Kabupaten Toba ini  yang pernah menjadi Bupati Toba  yaitu Darwin Siagian, Pandapotan Kasmin Simanjuntak serta Wakil Bupati Hulman Sitorus.


Selain itu anggota DPRD Sumut  Pintor Sitorus, Viktor Silaen bahkan Anggota DPR RI Sihar Sitorus dan Trimedya Panjaitan dan sejumlah jenderal dan orang hebat lainnya.


Tidak lupa ia mengajak agar para siswa tetap memberikan kebaikan kepada siapa saja , hormat pada orang tua, guru, dan tokoh agama.


Selanjutnya Bupati yang didampingi Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu, Kepala Sekolah SMP N 1 Silaen, Hotlan Panjaitan berdiskusi dengan para guru dan meminta seluruh guru pangajar mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang humanis, santai serta memberi semangat kepada murid dan memotivasi siswanya setiap hari, kata Bupati. (Red-SP.ID/DS)