Lantik Pengurus FKUB Dairi, Bupati Eddy Berutu: Harus Solid Jaga Toleransi dalam Keberagaman -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Lantik Pengurus FKUB Dairi, Bupati Eddy Berutu: Harus Solid Jaga Toleransi dalam Keberagaman

Kamis, 27 April 2023


 


DAIRI|Sumutpos.id - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melantik pengurus baru Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dairi periode 2023-2028, di Balai Budaya Sidikalang, Kamis (27/4/2023).


Dalam sambutannya, Bupati Eddy Berutu  menyampaikan keberadaan FKUB adalah forum untuk menjaga keberagaman bangsa secara khusus di Kabupaten Dairi.


"Forum Kerukunan Umat Beragama adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. Jadi pemerintah bersama FKUB harus solid menjaga toleransi dalam keberagaman ini," kata Bupati.


Kepada pengurus yang baru dilantik, Bupati berharap untuk terus bergandengan tangan menjaga kemaslahatan umat terutama di tengah tahun politik saat ini yang bisa saja memberi bahaya bagi kerukunan terutama politik identitas.


"Mari, FKUB bersama forkopimda, menjaga kerukunan ini. Karena ini adalah aset bangsa kita. Dukungan penuh dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda sangat kita perlukan. Dengan bersatu apapun bisa kita atasi. Selamat dan sukses bagi pengurus baru. Segeralah bekerja, bergandengan tangan membantu pemerintah menjaga kerukunan ini," katanya mengakhiri.


Sebagai informasi, FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah yang dibentuk di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan tujuan memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Keanggotaan FKUB terdiri atas pemuka-pemuka agama yaitu tokoh komunitas umat beragama baik yang memimpin ormas keagamaan maupun yang tidak memimpin ormas keagamaan yang diakui dan atau dihormati oleh masyarakat setempat sebagai panutan.


Terpilih sebagai ketua FKUB Dairi yang baru adalah Pdt. Abednego Padang Batanghari untuk periode 2023-2028.





Pelantikan ini dihadiri Kakan Kemenag Riswan Gajah, Kakan Kemenag Pakpak Bharat, unsur Forkopimda, Kapolres AKBP Wahyudi Rahman, Sekda Budianta Pinem, Asisten Pemerintahan Jhony Hutasoit, beberapa Kepala OPD, Ketua PKK Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, Ketua MUI Wahlin Munthe, serta para tamu undangan. (Red-SP.ID/RS)