BUPATI DAN WABUP SAMOSIR HADIRI SYUKURAN HARI PERS NASIONAL KABUPATEN SAMOSIR -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

BUPATI DAN WABUP SAMOSIR HADIRI SYUKURAN HARI PERS NASIONAL KABUPATEN SAMOSIR

Sabtu, 01 April 2023

 


Samosir--Sumutpos.id|Mengusung Thema "Pers Samosir Bersatu", Pers Kabupaten Samosir menggelar syukuran dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Aula HKBP Nainggolan, 14/02. 


Syukuran Hari Pers Nasional tingkat Kabupaten Samosir dihadiri Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Wabup Samosir Martua Sitanggang. Turut Hadir Forkopimda Kabupaten Samosir, Anggota DPRD Noni Situmorang,  SAB rudi SM.  Siahaan,  Hut Isasar Simbolon,  Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, dan beberapa pimpinan OPD lainnya, serta tokoh masyarakat peduli pers. 


Syukuran ditandai dengan pemotongan Kue Ulang Tahun Oleh Bupati/ Wakil Bupati Samosir, Forkopimda, Kadis Kominfo bersama Panitia acara syukuran. Selanjutnya membagikan kue kepada seluruh wartawan yang hadir dalam acara tersebut. 


Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan Wabup Martua Sitanggang menyampaikan selamat hari pers kepada seluruh pers di Kabupaten Samosir.


"Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Samosir, mengucapkan selamat Hari Pers Nasional ke -77 terkhusus bagi seluruh pers di Kabupaten Samosir" ucap Bupati Samosir didampingi Wabup Martua Sitanggang. 


Bupati Samosir mengatakan Pers harus lepas dari kepentingan individu dan mengabdi kepada kepentingan umum, untuk itu pers diharapkan memberikan informasi, berita, masukan dan kritikan untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Samosir. "Dengan  peran pers akan dapat memberikan kebaikan, sebagai sosial kontrol silahkan pemerintah dikoreksi dan  dikritik tapi  jauhkan dari sentimen pribadi. Saya yakin pers di Samosir dapat bersinergi bersama pemerintah membangun Kabupaten Samosir" ucap Vandiko 


Lebih lanjut disampaikan, Pers di Kabupaten Samosir agar memberikan pemberitaan yang berimbang sesuai dengan fakta di lapangan dengan tetap menjaga keamanan dan stabilitas negara maupun Kabupaten Samosir. 

Vandiko mengapresiasi kegiatan ini yang membawa Tema "Pers Samosir Bersatu", mulai hari ini Pers Samosir diharapkan  betul-betul bersepakat untuk bersatu "Mari berubah untuk bersatu, mewaspadai kemiskinan ektrim yang mengancam dan saat ini dunia tidak baik-baik saja. Semoga Pers di Kabupaten Samsoir semakin maju dan dapat mengikuti perkembangan jaman serta ikut menjaga keamanan dan stabilitas nasional terkhusus di Kabupaten Samosir" tutup Bupati Samosir Vandiko T. Gultom 


Sebagai orangtua Pers, Dinas  Kominfo diharapkan menjaga keharmonisan dan bersinergi dengan baik bersama Pers. 

 

Wabup Samosir Martua Sitanggang memberikan pencerahan kepada insan pers, disebutkan insan pers adalah mitra pemerintah yang  bisa mengkritisi. Tetapi jangan mengkritisi dengan sentimen pribadi. Kritik yang membangun akan menjadi evaluasi bagi pemerintah.


 "Silahkan kritisi pemerintahan ini, saya senang, pasti ada kekurangan dan kelebihan  sebagai pemerintah siap menjawab kritikan kalau tujuannya untuk pembangunan" ungkap Martua. 

Wabup menekankan Pers Samosir untuk betul-betul bersatu. "Mari bersatu jangan pro kontra, berikan berita yang bermanfaat. Harapan Saya bersatulah insan pers, berani memberitakan yang benar demi pembangunan di Kabupaten Samosir ini, Pers Samosir tetap bersatu mulai besok sampai masa yang akan datang, tutup Wabup Martua Sitanggang. 

Dalam kesempatan ini Wabup menegaskan bahwa Bupati dan Wabup tetap bersatu dan solid. 


Ketua Panitia, Robin Nainggolan menyampaikan syukuran hari pers di Kabupaten Samosir sebagai upaya pemersatu seluruh pers/wartawan di Kabupaten Samosir. "Semoga niat tulus ini mendapat dukungan dari seluruh mitra kami, agar persatuan dan kesatuan yang kita inginkan berhasil, dan pers di Kabupaten Samosir mampu mengaplikasikan tugas jurnalistik di Samosir demi pembangunan" kata Robin. 

Robin mengajak seluruh  mitra sejati dan stakeholder di Kabupaten Samosir dapat saling mendukung, evaluasi dan saling mengingatkan, agar pelaku pers menjadi pers yang bertanggung jawab

" Semoga cita-cita luhur di Kabupaten Samosir menghasilkan pembangunan yang lebih baik kedepan" tutup Robin Nainggolan


Tokoh Masyarakat, Mangiring Naibaho Memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh wartawan di Kabupaten Samosir. Disampaikan bahwa Pers sebagai alat kritik,  alat kontrol memiliki  tugas yang begitu luas, dan merupakan bagian dari pemerintah untuk mencapai tujuan mencapai visi misi. Pers/ wartawan harus  berkompeten, memperluas wawasan sehingga apa yang menjadi tugas fungsinya berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat. Dengan demikian pers sekarang harus bisa menjadi alat kontrol, role model, memberitakan sesuai dengan fakta. Sebagai masyarakat, Mangiring berharap pers/ wartawan dapat bersinergitas dengan pemerintah, bukan pisah-pisah, pemberitaan harus seimbang, mengkritisi dan memberikan masukan supaya bisa bersama-sama mencapai cita-cita pembangunan di Kabupaten Samosir. Selain itu, Pers diharapkan mampu melakukan pembinaan kepada masyarakat, memberikan pencerahan pembelajaran agar masyarakat mengerti birokrasi, mengerti apa dan kemana tujuan pembangunan.

"Semoga kedepan Pers Samosir  bersatu mengejar ketertinggalan  kita mencapai pembangunan Kabupaten Samosir" ucap Mangiring.  


Sementara itu, Pemerhati Pers Kabupaten Samosir, Op. Andika Sitanggang mengaku sangat bangga apabila pers Samosir dapat memajukan Kabupaten Samosir. Tak mungkin terjadi Kabupaten Samosir  tanpa dukungan pers. Untuk itu, Op. Andika meminta Pemkab selalu melakukan pembinaan, mencerdaskan pers dengan baik supaya perkembangan Kabupaten Samosir semakin cepat. 


Forkopimda diwakili Kabag OPS Polres Samosir, Kasintel mewakili Kejari Samosir dan Anggota DPRD Samosir, Nony S. Situmorang mendukung kinerja Pers di Kabupaten Samosir, dan berharap pers mampu bersinergi dengan pemerintah  kedepannya. Pemerintah dan Forkopimda  tidak menutup diri untuk kritikan. 


Dalam kesempatan ini, Pers Kabupaten Samosir memberikan ulos kepada Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, Tokoh masyarakat dan pemerhati pers sebagai ucapan terima kasih telah mendukung dan hadir dalam acara syukuran tersebut. [Red-SP.ID/Tampoe/17]