Pemkab Toba Gelar Musrenbang RKPD Kabupaten Toba Tahun 2024 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemkab Toba Gelar Musrenbang RKPD Kabupaten Toba Tahun 2024

Selasa, 07 Maret 2023

 


Toba - Sumutpos.id:Gubernur Sumatra Utara yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Harianto Butarbutar menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan masyarakat Kabupaten Toba  atas terselenggaranya dengan baik  event F1 PowerBoat Lake Toba Indonesia yang berlangsung pada 24-26 Februari 2023 di Kabupaten Toba.


Hal ini disampaikan Harianto Butarbutar saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Toba Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula Hotel Serenauli, Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Senin (6/3/2023).



Gubernur  juga mengatakan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Toba, berdasarkan indikator makro, sesuai data BPS, menunjukkan hasil yang cukup baik.


Diharapkan  ke depan, kolaborasi daerah dengan pusat dan stake holder lainnya lebih dioptimalkan lagi. 


Selanjutnya  pemerintah daerah agar tetap memperhatikan isu strategis yang sedang berkembang, dan memastikan arahan presiden terkait masalah inflasi, penanganan stunting dapat dilaksanakan.



Sebelum membuka acara, Bupati Toba, Poltak Sitorus  dalam kata sambutannya mengatakan untuk tahun 2024, prioritas pembangunan di Kabupaten Toba adalah bidang pariwisata, pertanian, dan pendidikan. Oleh karenanya pembangunan infrastruktur akan diarahkan mendukung prioritas tersebut.


"Tersedianya infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata, memperlancar distribusi hasil pertanian, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," kata Bupati Poltak Sitorus.


Bupati Poltak juga memaparkan pentingnya menuntaskan akses jalan  dari Toba ke Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura). Selain mendukung peningkatan perekonomian, hal ini akan memudahkan akses menuju Bandara Silangit.


"Dimohonkan ke provinsi ayok kita sama-sama kita selesaikan akses jalan tersebut," katanya.


Hal lainnya disampaikan bahwa persoalan SDM di daerah ini  bagaimana merubah mindset (pola pikir)  supaya santun dan siap menerima pariwisata.


Pembukaan musrenbang ditandai dengan pemukulan gondang secara bersamaan oleh Harianto Butarbutar, Bupati Poltak Sitorus , perwakilan DPRD Provsu,  DPRD Kabupaten Toba, dan unsur Forkopimda.


Musrenbang RKPD Kabupaten Toba Tahun 2024 dengan tema  Peningkatan Produktivitas sektor pertanian dan pariwisata untuk peningkatan ekonomi yang berkelanjutan ini dihadiri anggota DPRD Provinsi Sumatra Utara Dapil IX, Viktor Silaen, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba, Mangatas Silaen, Kapolres Toba yang diwakili Kabag Log Polres Toba, Kompol M. Sembiring, Dandim 0210/TU yang diwakili  Pabung Kodim 0210/TU,Mayor K. Napitupulu.


Selanjutnya para pimpinan perangkat daerah Kabupaten Toba, Camat dan utusan masyarakat. 


Sebelum acara dimulai Gubernur Sumut , Bupati Toba dan rombongan disambut dengan tarian Tortor Kreasi Batak dari pelajar putri Madrasah Tsanawiyah (MTs) Balige, Kabupaten Toba. (Red-SP.ID/DS)