Keluarga Besar Pauh Kamba Padang Bintungan Kapalo Koto, Memperingati Isra' Mi'raj 1444 H/2023 M -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Keluarga Besar Pauh Kamba Padang Bintungan Kapalo Koto, Memperingati Isra' Mi'raj 1444 H/2023 M

Minggu, 12 Maret 2023

Medan, Sumutpos.id:Masyarakat Minangkabau yang ada diperantauan, tetap memperingati hari - hari besar Islam, orang Minangkabau berlandaskan Adat yang bersandi Sarak,Sarak yang bersandi Kitabullah, yang menjunjung tinggi Al-Qur'an dan hadits. 

Adat nan bapakai Sarak nan menjalankan, makanya  orang Minangkabau tak terlepas dari ajaran Agama Islam. 

Terbukti dengan Keluarga Besar Pauh Kamba Padang Bintungan Kapalo Koto, Memperingati Israj Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2023 M, di Mesjid Syekh Burhanuddin, Jl.Utama No.72 Medan, Kelurahan Kota Matsum IV, Kecamatan Medan Area, pada Sabtu malam 11/3/2023.


 Peringatan Israj Mi'raj 1444 H/2023,oleh Keluarga besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto,di hadiri oleh Ketua PKDP  Sumut di wakili oleh Sekretaris PKDP Sumut Bg.Kasman Chaniago SE, DPD PKDP Kota Medan  Bg. Masrizal Manday, Sekretaris DPD PKDP Kota Medan Bg.Basizal Tanjung dan segenap pengurus lainnya,Ketua Aur Serumpun Sumut Bg. Basrizal Tanjung,Ketua BM3 Sumut H.Syahrudin Ali SH, Msi, Ketua FMS Sumut Mardarus Jambak SH, dan segenap pengurus lainnya, Ketua Minang Sakato,Sumut Edi Tanjung dan segenap pengurus lainnya,Ketua Dewan Ninik mamak DPD PKDP Kota Medan, H.Agusmar pili, Keluarga besar Suku Jambak, Keluarga besar Suku Guci, Wakil Sekretaris Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto Bg. Afriadi Koto Amd.Kom,Keluarga besar  VII Koto Medan- Aceh, LMP Kota Medan di wakili LMP PAC Kecamatan Medan Kota, Ketua Mhd. Muchlis Situmorang, Sekretaris Eko Syahputra Manik, Bendahara Nanda Fitra dan segenap pengurus lainnya, Ketua Toboh Gadang Bg.Mardion Panyalai dan segenap pengurus lainnya, Ketua Partai Nasdem Kota Medan Afif Abdillah SE, juga Ketua Komisi III, DPRD Kota Medan, Ketua Ninik Mamak Keluarga Besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto Sd.Mantin Koto, Ketua BKM Mesjid Syekh Burhanuddin, PKM/Ketua Pemuda Keluarga besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto dan Ketua Bando Kandueng keluarga besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto dan Masyarakat serta para undangan. 



Ketua Umum Keluarga Besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto Bg. Afendi Guci,dalam kata sambutan mengucapkan selamat datang seluruh para undangan telah dapat menghadiri acara Israj Mi'raj Nabi Besar Muhammed SAW, 1444 H/2023 M. 

Dan mohon maaf kami kepada seluruh para undangan dimana kedatangan para tamu kami tak tersambut tersalami, kami mohon di berikan maaf dan kepada seluruh panitia Israj Mi'raj kami mengucapkan terimakasih, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar ungkap Ketua  Bg.Afendi Guci. 


Dan kata sambutan dari ketua BM3 Sumut H.Syahrudin Ali SH, Msi, mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto Bg.Afendi Guci segenap pengurus lainnya, semoga keluarga besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto ini, semakin sukses dan jaya, terbukti dengan pembangunan masjid Syekh Burhanuddin ini dan dapat menjalin hubungan baik seluruh perkumpulan masyarakat Minang yang ada di Sumatera Utara ini, pungkasnya, H.Syahrudin Ali. 


Keluarga Besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto memberikan bantuan berupa uang dan beras kepada anak yatim piatu sebanyak 40 orang, di serahkan oleh Ketua Ninik Mamak Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto, ketua DPD PKDP Kota Medan Bg.Masrizal Manday, dan Pengurus Keluarga besar Pauh Kamba Padang Bintungan kapalo Koto lainnya. 


Dilanjutkan Gerakkan Amal Saleh(GAS) yang lazim di lakukan masyarakat Minang dalam membuat acara hari-hari besar Islam, dengan Badoncek, untuk mencari biaya tersebut.

Alhamdulillah dengan spontanitas masyarakat Minang menraut/ mengeluarkan dompet nya untuk berimfak dan sedekah untuk melepaskan beban barek, pada acara Israj Mi'raj ini.


Dilanjutkan dengan ceramah pandangan umum kisah Israj Mi'raj oleh Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkoto(Mak katik) yang khusus di datangkan dari Sumatera Barat, seorang tokoh Budayawan, untuk memberikan pegarahan dan padangan kisah Israj Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW, tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil haram ke masjid Aqso, dan kesiratul monthoa langsung ke langit ketujuh, di sepertiga malam menghadap Allah SWT, untuk memperoleh perintah Ibadah Sholat, yang di kerja oleh umat nya Nabi Muhammad SAW, lima waktu satu hari satu malam. 



Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkoto dan menceritakan tentang Adat yang bersandi Sarak, Sarak yang bersandi Kitabullah, atau Adat yang dipakai, Sarak nan menjalankan, ini harus sesuai dengan ketentuan dari Al - quran dan Hadist nya, ini lah ciri khas untuk masyarakat Minangkabau. 


Sarak lebih dahulu di ciptakan dari pada Adat, sebelum nabi adam ada sarak udah ada, pungkasnya Musra Dahrizal katik Rajo Mangkoto. 


Acara ditutup dengan doa bersama di lanjutkan dengan berphoto bersama, acara berjalan dengan lancar dan sukses.(Red-SP.ID/MYT).