MUSRENBANG KECAMATAN TAMPAHAN BERJALAN DENGAN PENUH KEKELUARGAAN -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

MUSRENBANG KECAMATAN TAMPAHAN BERJALAN DENGAN PENUH KEKELUARGAAN

Kamis, 09 Februari 2023


 

TAMPAHAN (9/2/23) Sumutpos.id:Kecamatan Tampahan yang berada di Desa Gurgur Aekr Raja pada hari Rabu tanggal 9 bulan Februari 2023 melaksanakan Musrenbang Kecamatan bertempat di aula Kecamatan Tampahan, dimana perserta musrenbang di ikuti oleh enam (6) Desa yang ada di wilayah Tampahan, dan dihadiri OPD (Organisasi Perangkat Daerah) se Kabupaten Toba. 


Ke-enam Desa  tersebut adalah Desa Gugur Aek Raja, Desa Tangga batu barat, Desa Tangga batu timur, Desa Meat, Desa Lintong nihuta, dan Desa Tarabunga, dimana pada Bulan Januari silam sebelumnya  ke enam Desa sudah melaksanakan Musrenbang tingkat Desa, dan dari hasil Musrenbang tingkat Desa tersebutlah Kecamatan Tampahan melaksanakan Musrenbang tingkat Kecamatan yang nantinya dari hasil ini akan mengikuti Musrenbang tingkat Kabupaten. 



Acara Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) untuk anggaran Tahun 2024 ini berjalan dengan penuh kekeluargaan. 


Dalam kata sambutannya E. Lisbet M. Situmorang S. Pd. selaku Camat Tampahan mengatakan bahwa musrenbang ini dilaksanakan sesuai dengan Undang- undangan nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional dan Undang-undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah serta Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2017 tentang partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. 



Atas amanat undang-undang dan Peraturan Pemerintah tersebut, maka Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).kata camat. 


Selanjutnya Ibu Camat berharap kepada seluruh peserta agar berpartisipasi aktif dan ikut bermusyawarah secara sehat dalam pertemuaan yang sangat bermanfaat ini, agar usulan program prioritas pembangunan pada tahun 2024 nanti dapat kita sepakati, dan berpedoman pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang paling mendesak, seru Ibu Lisbet. 


Seterusnya Lisbet Situmorang S. Pd mengatakan bahwa pelaksanaan musrenbang Kecamatan ini dapat menghasilkan output yang akurat berupa daftar usulan skala prioritas kegiatan pembangunan Kecamatan Tahun 2024, dimana output data skala prioritas adalah sebagai penyempurnaan dokumen musyawarah perencanaan pembangunan Kecamatan tahun anggaran 2024 untuk diusulkan ke Kabupaten. 



Capaian target pembangunan daerah yang paling utama adalah upaya penanggulangan kemiskinan, ini harus diperhatikan secara serius, terus peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kesehatan bagi masyarakat, peningkatan pelestarian lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, peningkatan daya saing daerah, fokusnya pertanian dan ketahanan pangan, peningkatan akses-bilitas daerah dengan meningkatkan kualitas infrastruktur daerah terutama wilayah pedesaan serta konsolidasi dan reformasi birokrasi demi terwujudnya sistem tata kelola pemerintahan yamg bersih dan berwibawa. 


Terkait hal tersebut, maka masukan dari semua unsur saya harapkan, sehingga musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan Tampahan ini menjadi lebih bermakna, karena merupakan media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan, untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Desa dan Kecamatan, dengan prioritas dan sasaran pembangunan yang lebih berkualitas dalam proses pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, demi tercapainya Kecamatan Tampahan IDAMAN (INDAH, DAMAI, AMAN, DAN NYAMAN) untuk mewujudkan visi, misi Kabupaten Toba yang Unggul dan Bersinar.



Perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten Toba menjadi tuan rumah perhelatan even 

F1H2O yang akan dilaksanakan di Balige pada tanggal 24-26 Februari 2023 yang akan datang, untuk itu saya minta kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tampahan agar selalu menjaga kebersihan dan ketenteraman, mari kita layani tamu-tamu kita dengan Batak Naraja, kata ibu camat mengakhiri kata sambutannya. 


Acara Musrenbang di isi dan dirangkai dengan makan bersama, dilanjutkan diskusi tentang usulan-usulan dari tiap-tiap Desa, dimana tim dari Kabupaten memberikan pencerahan kepada delegasi Desa yang mengikuti musrenbang sehingga terwujudnya peningkatan pembangunan di Kecamatan Tampahan.(Red-SP.ID/DS)