Musrenbang Kecamatan Merupakan Media Interaktif Kepala Daerah Dengan Semua Stakeholders -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Musrenbang Kecamatan Merupakan Media Interaktif Kepala Daerah Dengan Semua Stakeholders

Selasa, 21 Februari 2023

Nias Barat - Sumutpos.id : Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kecamatan, selain merupakan agenda rutin setiap tahun yang wajib dilaksanakan Pemerintah Daerah di seluruh Kecamatan guna menampung aspirasi dan usulan pembangunan dari masyarakat sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada tahun berikutnya, juga merupakan media interaktif bagi Kepala Daerah untuk bertemu dengan para stakeholders di tingkat Kecamatan.(15/02/2023) 


Pada pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kecamatan, para pemangku kepentingan dan pelaku pembangunan diharapkan memberikan kontribusi pemikiran untuk mendukung implementasi program/kegiatan di wilayah Kecamatan secara holistik, tanpa dibatasi oleh sekat-sekat kewilayahan maupun ego sektoral, sebagai wujud perencanaan partisipatif.


Melalui Musrenbang Kecamatan akan dilakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan.


Berdasarkan hasil analisa terhadap permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan daerah dan memperhatikan pencapaian visi, misi dan program pembangunan yang telah ditetapkan melalui RPJMD, maka tema pembangunan Kabupaten Nias Barat Tahun 2024, yaitu “Pengentasan Kemiskinan Ekstrim dan Suksesnya Pemilu/Pemilukada melalui Pengoptimalan Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi Masyarakat, Sinergitas dan Percepatan Pembangunan yang Bersih, Unggul dan Maju”.


Tema tersebut telah diselaraskan dengan arah kebijakan pembangunan Nasional dan Provinsi Sumatera Utara serta strategi pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrim, yang difokuskan pada:Peningkatan kualitas pelayanan publik dan kapasitas penyelenggaraan pemerintah daerah peningkatan penerapan inovasi daerah peningkatan kualitas infrastruktur dasar yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi.

Sesuai jadwal yang diterima oleh Tim Liputan dan Publikasi Media Center Kabupaten Nias Barat, Musrenbang RKPD di 8 Kecamatan dilakasanakan selama 4 (empat) hari, yaitu mulai Senin sampai Kamis (13-16 Februari 2023).


Bupati Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si., bersama Sekretaris Daerah Sozisokhi Hia, SH., M.M.,  Staf Ahli Bupati, Asisten Setda dan para Kepala Perangkat Daerah, menghadiri pelaksanaan Musrenbang di masing-masing Kecamatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. (Red-SP.ID/FH)