Dukung Pariwisata, Monumen Bung Karno Akan Dibangun di Parsangarahan Parapat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Dukung Pariwisata, Monumen Bung Karno Akan Dibangun di Parsangarahan Parapat

Senin, 23 Januari 2023

 


Parapat- Sumutpos.id : Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba Parapat, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara akan berupaya untuk mengajukan pembangunan Monumen (Patung) presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno di Mess Bung Karno Parsangarahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun dan dicanangkan pembangunan fisik patung Bung Karno akan teralisasi pada tahun 2024. 




Hal itu disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Mangapul Purba SE, ketika kunjungan ke Parapat bersama  Ketua DPP PDI Perjuangan Drs. Djarot Saiful Hidayat MS pada Senin(23/1-2023). 


"Khusus dari fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara , sudah mencanangkan dibawah perintah DPD pimpinan parpol Efendi Simbolon, dan melaporkan kepada DPP bahwa kita punya program untuk membangun patung Ir. Soekarno di Parsangarahan ini. Tahapannya ada dua yang akan kita lalui, yaitu penyusunan Leterasi Desain itu sudah di tampung di APBD 2023, dari situ lah kita bisa melihat konsepnya,  di tahun 2014 fisiknya sudah teralisasi," ucapnya, 



Mangapul menjelaskan, Ketua umum telah mengamanatkan kepada fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera utara agar tidak boleh melupakan sejarah.


"Jas merah jangan sekali-kali melupakan sejarah  dan di Sumatera Utara secara spesifik kami memilih Parapat, karena disini ada Parsangarahan, pengasingan Bung Karno. Dan sejarah itu akan kita aplikasikan pembangunan di Parapat, " ungkapnya. 



Disamping nilai sejarah yang akan kita pelihara, kata Ketua fraksi DPI Perjuangan, dari daerah pemilihan Sumut 10 Kabupaten  Simalungun dan Kota Siantar menyampaikan Parapat akan memiliki destinasi yang baru. 


" Jadi kalau dari pantai bebas menuju Ajibata konsepnya  di Mess Bung Karno ada patung Bung Karno, terkait pembangunan patung Bung Karno nantinya, diharap kepada masyarakat tetap menjaga kondisi, wawasan kebangsaan kita, disamping tempat yang sakral nilai kesejarahan , masyarakat Girsang Sipangan Bolon akan mendapat manfaat, jika ada tujuan wisata baru," ujar Mangapul.


Pantauan di lapangan, sebelum meningalkan lokasi pertemuan dengan kader partai PDI Perjuangan, rombongan Ketua DPP PDI Perjuangan Drs. Djarot Saiful Hidayat MS menyempatkan diri mengunjungi Mess Parsangarahan pengasingan Bung Karno. Kemudian berdialog dengan pemandu wisata Mess Parsangarahan Bung Karno bernama  Zamzami. (Red-SP.ID/Hery)