Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan Sekitarnya Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan Sekitarnya Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M

Minggu, 04 Desember 2022


Medan, Sumutpos.id: Tradisi masyarakat Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan sekitarnya,  memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara Badikie dan Sarafal Anam dan makan Bajamba atau basamo menandakan kelompok dan kebersamaan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ajaran agama Islam yang dibawa oleh Syekh Burhanuddin, Kaum Aliran Tarekat Satariyah sampai saat ini masih tetap melaksanakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di Surau Toboh Gadang pada hari Sabtu/Minggu 03- 04 November 2022, Jl. Ismailiyah, Gg.Toboh No. 4 Medan, Kelurahan Kota Matsum II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. 


Dihadiri ketua umum Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan sekitarnya Bg. Mardison Payalai, Sekretaris Bg, Syafrizal, Bendahara Junaidi Jambak, Kapalo Mudo Gadang Bg. Amrizal Jambak, Dewan Ninik Mamak H.Sd.Bakri Jambak, Ketua BKM Bg.Mahyudin Panyalai,Pengurus Alim Ulama, Pengurus PKM Toboh Gadang, pengurus Unsur Pemuda Toboh Gadang dan Bundo Kandung serta para undangan. 



Pada Sabtu, 03 November 2022,  jam 22.30,wib. 

Diadakan musyawarah/ rapat, untuk Naik orang Siak, Labai, Iman, Katik, untuk didudukan Badikie dan Sarafal Anam. 



Hasil musyawarah dan mufakat, di putuskan Naik Urang Siak, Labai, Iman dan Katik, pada Jam, 11.20 wib, 

Dilanjutkan dengan Badikie dan Sarafal Anam sampai menjelang subuh dan esok hari pada hari Minggu 04 November 2022, Badikie dan Sarafal Anam, dimulai dari jam 09.00 wib, sampai masuk nya  Sholat Zuhur, dan diteruskan sampai masuk Sholat Ashar. 



Selesai Sholat Ashar, dilanjutkan dengan Impak dan Sedekah atau Gerakan Amal Saleh (GAS). 

Dan makan bajamba atau basamo dengan Tuangku, Labai, iman katik, Kapalo Mudo sarato bundo kandung dan seluruh para undangan yang hadir, dan diakhiri dengan Doa, sebagai penutup.(Red-SP.ID/MYT).