Bupati Nias Buka Secara Resmi Pelaksanaan festival Olahraga Rekreasi TA 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Buka Secara Resmi Pelaksanaan festival Olahraga Rekreasi TA 2022

Sunday, November 13, 2022

Nias - Sumutpos.id : Pemerintah Kabupaten Nias Gelar Festival Olahraga Rekreasi di Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022 bertempat di Lapangan Beringin Hiliweto, Gido.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, Forkopimda Kabupaten Nias, Forkopimka Kecamatan Gido, Para Kepala Daerah se-Kepulauan Nias atau Yang Mewakili, Sekda Kabupaten Nias, Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Nias, Para Kabag Lingkup Setda Kabupaten Nias, Para Camat se-Kabupaten Nias, Mewakili Kementrian Pemuda dan Olahraga, Ketua Koni Kabupaten Nias, Para Pengurus Partai Politik se-Kabupaten Nias, Ketua TP. PKK Kabupaten Nias, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nias, Para Pimpinan Instansi Vertical BUMN dan BUMD, Para Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama/Tokoh Adat/Tokoh Pemuda/Tokoh Perempuan se-Kabupaten Nias, Para Atlet dan seluruh hadirin. Jumat 11/11/2022


Mengawali sambutannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si menyampaikan bahwa olahraga rekreasi merupakan warisan leluhur di masing-masing suku bangsa yang mempunyai keunikan tersendiri.


“Itulah sebabnya olahraga tradisional di Kabupaten Nias perlu diangkat dikembangkan dan dilestarikan” ujar Bupati Nias


Olahraga mempunyai sifat mempersatukan sebab dalam olahraga kita akan bersatu, meninggalkan status, profesi, dan mengandalkan kemampuan kita selaku umat manusia. Ini adalah olahraga rekreasi karena apa yang ada di diri kita dimunculkan, dikreasikan, dan perlu dikombinasikan tradisi tersebut dengan pariwisata karena dengan tradisi itu telah menjadi bagian dari kehidupan kita yang harus dilakukan dengan lebih baik.


Bupati Nias menerangkan bahwa FA VOLI adalah terminologi yang coba kita cari padanan kata dari pada kita pakai istilah Voli plastik maka kita pakai istilah kata kita sendiri.


“Mudah-mudahan ke depan terminologi kata FA VOLI akan identik dengan istilah voli plastik yang dimainkan di atas tanah” harap Bupati Nias


Menurutnya, di Kabupaten Nias seluruh desa tidak ada yang tidak bermain Voli Plastik lalu mengapa kita tidak jadikan menjadi olah raga rekreasi. Mari kita coba kombinasikan untuk menyehatkan badan dan dilakukan secara beramai-ramai.


Olahraga rekresi ini harus kita festivalkan sebagai ciri khas yang lahir dan datang dari diri kita sendiri dan harus dikembangkan.


“Ini adalah rintisan awal, saya mohon kita berkreasi di dalamnya sehingga tidak kaku dengan aturan permainan olahraga tetapi dikembangkan keunikan yang ada di Kabupaten Nias agar menarik untuk ditonton” tegas Bupati Nias


Kabupaten Nias di lihat dari alam kalah bersaing bidang pariwisata dengan kabupaten lain, maka perlu digali keunikan lain yang ada di Kabupaten Nias yang dianggap mampu berdaya saing. Kegiatan ini diharapkan menjadi event kegiatan tahunan di Kabupaten Nias dengan mengedepankan sportivitas. Selain itu, Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga ditantang untuk menggali lagi apa olahraga tradisi kita dan fokus ke sana untuk dikombinasikan dengan pariwisata, UMKM, agar dapat kita nikmati bersama.


Bupati Nias berpesan agar selama proses pertandingan untuk mengedepankan jiwa persaudaraan, semangat sportifitas serta menerima hasil dan jangan dijadikan masalah, dan terus meningkatkan prestasi di tahun yang akan datang


Akhirnya, Bupati Nias membuka secara resmi Festival Olahraga Rekreasi FA VOLI di Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022, dan menutup sambutannya dengan sebuah pantun, yakni:


Naik Ke Atap Pakai Tangga


Sangat Tinggi Bagai Kelapa


Sewaktu Muda Suka Olahraga


Tetap Sehat Walaupun Renta. (Red-SP.ID/FH)