RHS Buka Secara Resmi Promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

RHS Buka Secara Resmi Promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022

Wednesday, October 19, 2022

(Image/Gambar) : Bupati Simalungun saat membuka secara resmi pasar tani Kabupaten Simalungun.

Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga secara resmi membuka kegiatan Promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Pemkab Simalungun bekerjasama dengan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Simalungun.


Giat promosi pasar tani itu berlangsung selama tiga hari yang dimulai 19 s/d 21 Oktober 2022 berlangsung di Stadion Mini Jln Asahan Km 7 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (19/10/2022).


Menurut Ketua Panitia Ramadhani Purba dalam laporannya menyampaikan  bahwa tujuan di laksanakan kegiatan promosi pasar tani untuk mengembangkan pertanian di Kabupaten Simalungun.


Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kegairahan dan kemandirian petani maupun masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang menguntungkan.


Kegiatan promosi pasar tani ini juga untuk mempromosikan hasil pertanian yang menjadi unggulan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun, sekaligus untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang potensi yang terdapat di kecamatan serta mempertemukan langsung petani dan pembeli/Bayer.


Bupati Simalungun dalam sambutannya sangat mengapresiasi dengan kegiatan promosi pasar tani. Diharapkan kegiatan ini tidak hanya sebatas serimonial saja akan tetapi harus diwujudkan nyatakan dengan berbagai aksi agar bagaimana produksi pertanian kabupaten Simalungun dapat meningkat dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Simalungun. "Itu yang paling penting,"kata Bupati.


Dijelaskan Bupati, mata pencarian masyarkat Simalungun 70% adalah sebagai petani. "Tentu ini menjadi tangan dan PR bagi kita. Sumatera Utara mengakui kehebatan masyarkat simalungun dalam hal tata kelola Budi daya tanaman holtikultura dan tanaman lainnya,"ucap Bupati.


Namun, kata Bupati yang menjadi persoalan adalah hilirisasinya, pemasaran produksi pertanian Simalungun. "Kami tidak akan jenuh untuk terus mencari investor yang mau berinvestasi di Simalungun ini, khususnya sektor pemasaran/hilirisasi,"ujar Bupati.


Kemudian Bupati Simalungun menyampaikan bahwa kedepan, lokasi promosi pasar tani ini akan di bangun sebagai pusat pasar induk di kabupaten Simalungun yang dilengkapi dengan pasar modern, tata niaga pemasaran, dan fasilitas pendukung lainnya.


"Kami mengharapkan dukungan semua stakeholder yang ada di Simalungun. Dan saya mau nantinya pedagang di pasar induk ini adalah warga Simalungun, namun pembelinya silahkan dari mana saja,"sebut Bupati.


Pada pembukaan promosi pasar tani itu diawali dengan Devile KTNA dari kecamatan se-kabupaten Simalungun dengan membawa hasil produk pertanian dari kecamatan masing-masing dan peyerahan bantuan kepada kelompom tani dan UMKM.(Red-SP.ID/FIS)