Karateka Kala Hitam Toba & Taput Gelar Latihan Gabungan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Karateka Kala Hitam Toba & Taput Gelar Latihan Gabungan

Minggu, 09 Oktober 2022



Toba (9/10/22) Sumutpos.id:Ratusan atlit karateka Kala Hitam Indonesia (Internasional Karate Alliance KyokushinRyu) dari Dua Kabupaten Cabang Perguran, yaitu Kabupaten Toba dan Kabupaten Tapanuli Utara Prov. Sumut melaksanakan latihan gabungan (Gashuku).


Pelaksanaan latihan gabungan (Gashuku) digelar di pantai Dua pasir putih Danau Toba Lumban Bulbul Kecamatan Balige Kab.Toba Sabtu, (08/10/2022) dipimpin langsung Sihan Maraden Sihombing, BE. SE DAN-V bersama Sensei Marimbun Marpaung DAN-IV.



Perguruan karate Kala Hitam Indonesia cabang Kabupaten Tapanuli Utara dipimpin Sensei Haramenak Nababan DAN-III bersama Semfai Musrianto Tanjung DAN-II.


Sebelum seluruh atlit kedua cabang perguruan dari Dua Kabupaten ini melaksanakan latihan gabungan di pantai Lumban Bulbul, terlebih dahulu diawali dengan sesi latihan pemanasan dan teknik dasar karate (Khihon) di tanah lapang Sisingamangaraja XII Balige. dilanjutkan dengan lari marathon dengan jalur lintasan mulai dari Lapangan Sisingamangaraja XII Balige ke Jalan Mulia Raja lanjut ke jalan Pardede Balige terus mengarah ke Kota Balige berlanjut ke Simpang Kompi 125 Sibulele terus menuju desa Sibolahotang dan berakhir di pantai II Pasir putih Lumban Bulbul.



Setiba dipantai pasir putih Lumban Bulbul seluruh karateka mengikuti latihan dalam Dua bagian latihan yakni Latihan di darat dan latihan didalam air.


Untuk latihan didarat langsung dikomando Sihan Maraden bersama Sensei Marimbun Marpaung dibantu Sensei Haramenak Nababan DAN-III Semfai Musrianto Tanjung DAN-II, Semfai Fernando Harahap DAN-II, Semfai Hasudungan DAN-1 dan Semfai Roni Manurung DAN-I dengan materi, latihan teknik Pukulan, tangkisan dan tendangan dalam berbagai bentuk gerakan.


Usai latihan di darat dilanjutkan dengan latihan di dalam air setelah seluruh karateka terlebih dahulu beristirahat dan makan siang.


Untuk latihan didalam air langsung dipimpin oleh Sensei Marimbun Marpaung yang di ikuti oleh seluruh Karateka dengan materi pukulan, tendangan dan tangkisan serta latihan kuda kuda dalam berbagai bentuk berikut latihan seni bertarung dasar di dalam air.


Sebelumnya Maraden Sihombing selaku Pimpinan Cabang Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia Cabang Kab Toba menyampaikan, tujuan utama latihan gabungan (Gashuku) ini kita gelar adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama Karateka perguruan karate Kala Hitam Indonesia di Dua Kabupaten (Toba dan Taput).ucapnya.


Lebih lanjut disampaikan Maraden selain itu Gashuku ini bertujuan untuk melatih dan membentuk diri bersama dengan alam sekitar.dalam artian kita sebagai karateka harus cinta lingkungan dan alam sekitar serta belajar memahami berbagai karakter dan sikap diantara sesama karateka. Tidak kalah penting berikut untuk menyatukan dan menyeragamkan tehnik bela diri karate yang telah dipelajari sebelumnya dari para Sensei/Semfai di perguruan cabang masing masing sebagaimana aliran Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia menganut aliran Karate Full Body Contact (Kyokushin).jelasnya.


Untuk latihan didalam air disampaikan Marimbun, bertujuan untuk melatih konsentrasi dan keseimbangan serta kekuatan fisik juga untuk melatih tingkat kefokusan diri masing masing karateka dalam melakukan berbagai gerakan atau teknik karate karena didalam air karateka dilatih melawan gravitasi air dengan kontur tanah didasar air berpasir dan selalu bergerak akibat pijakan dan berbagai gerakan kaki serta gelombang air.


Jadi dalam sesi latihan ini para karateka sangat dituntut untuk lebih fokus dan konsentrasi dalam menjaga keseimbangan tubuh didalam setiap melakukan berbagai gerakan/teknik karate di dalam air terang Marimbun kepada seluruh karateka.


Selama pelaksanaan latihan gabungan (Gashuku) semu berjalan dengan baik dan aman. Usai latihan gabungan digelar semua karateka kembali bertolak ke daerah asal masing masing yang dipimpin oleh pelatih Dojo (cabang). (Red-SP.ID/DS)