Bupati Nias Barat Menerima Kunjungan Tim Pemugaran dan Pembangunan Tugu Mauwu Hia Si 5 Moina -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Barat Menerima Kunjungan Tim Pemugaran dan Pembangunan Tugu Mauwu Hia Si 5 Moina

Tuesday, October 18, 2022

Nias Barat - Sumutpos.id : Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menerima Tim Formateur Pemugaran dan Pembangunan Tugu Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahömi di ruang kerja Bupati Nias Barat, Senin (17/10/2022).


Tim yang dipimpin oleh Meiatasi Dolai bersama dengan 15 Kepala Desa Mauwu Hia diterima Bupati Khenoki Waruwu bersama Pj. Sekretaris Daerah Nias Barat Sozisokhi Hia, SH , MM dan Kadis Pendidikan Hadrianus Hia, S.Pd., MM.


Meiatasi Dolai sebagai Ketua Tim memaparkan program kegiatan Pemugaran dan Pembangungan Tugu Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahömi yang terletak di Simpang Tiga Lahömi Desa Sisobandrao Kecamatan Sirombu sebagai wujud pelestarian budaya dan karya tangan orang tua pendahulu oleh generasi muda Mauwu Hia saat ini.


Tugu yang dibangun pada tahun 1991 atas swadaya seluruh keluarga, tokoh dan So Ikhu So Bawanazese (Penatua Adat) pada masa itu merupakan simbol persatuan dan keutuhan Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahömi.


Terkait rencana pembangunan bundaran di pertigaan simpang tiga Lahömi, Dolai menginformasikan bahwa Tim telah melakukan pembebasan lahan dengan ganti rugi kepada pemilik tanah, baik perluasan lahan pertapakan tugu saat ini maupun pelebaran ruas jalan di pertigaan simpang Lahomi.


Pada kesempatan tersebut, Tim juga menyampaikan permohonan kepada Bupati Nias Barat untuk melakukan pelebaran jalan di sekitar pertigaan simpang tiga Lahömi khususnya jalur dari Tigaserangkai menuju ke arah Sisobandrao.



Sementara itu, Pj. Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., MM yang juga merupakan Pengarah Tim Formateur, menambahkan bahwa tim formateur bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada penatua adat, tokoh masyarakat, setiap keluarga di tiap-tiap desa domisili Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahömi. Tim ini akan bubar dengan sendirinya setelah terlaksananya pertemuan besar (falukhata sebua) seluruh Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahömi yg direncanakan pada bulan November 2022.


Pada pertemuan tersebut nantinya panitia definitif pemugaran dan pembangunan Tugu Mauwu Si 5 Mo Ina Lahömi akan dibentuk dan dikukuhkan oleh penatua adat So Ikhu So Bawanazese Si 5 Mo Ina Lahömi.


Kalau sepakat pada pertemuan besar tersebut maka peletakkan batu pertama pembangunan bundaran di pertigaan simpang Lahomi kita mulai awal bulan Januari 2023, ungkap Sozisokhi Hia.


Bupati Nias Barat Khenokhi Waruwu menyambut baik dan mendukung program pemugaran dan pembangunan Tugu Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahomi sebagaimana yang telah di paparkan oleh Tim.


Menurutnya, anak muda saat ini harus kreatif untuk membangun gagasan dan ide serta mengikuti trend yang berkembang di era milenial saat ini.


“Pemuda sebagai tonggak utama yang melanjutkan estafet untuk melestarikan nilai- nilai luhur budaya orang tua kita. Kalau orang tua kita pada zamannya bisa bersatu maka sepatutnya pemuda Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahömi bisa bersatu juga untuk melanjutkan perjuangan ini”, ungkap Bupati Khenoki Waruwu.


Ia memotivasi Tim dan generasi Mauwu Hia Si 5 Moina agar tidak kalah sama pendahulunya dan berharap agar tetap bersatu dan mengerahkan segala potensi yang dimiliki  untuk mendukung dan mewujudkan program yang telah direncanakan.


Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat menyatakan akan meminta Dinas PUPR Kabupaten Nias Barat untuk melakukan pelebaran ruas jalan pertigaan Simpang Tiga Lahömi sesuai dengan kebutuhan.(Red-SP.ID/FH)