Bupati Eddy Berutu Tanam Kopi Bersama Petani KUR Klaster Di Desa Huta Rakyat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Eddy Berutu Tanam Kopi Bersama Petani KUR Klaster Di Desa Huta Rakyat

Thursday, September 29, 2022



Dairi-sumutpos.id:Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pertanian Kabupaten Dairi melaksanakan pencanangan penanaman kopi di Desa Hutarakyat Kecamatan Sidikalang, Senin (26/09/2022).


Pencanangan ini dirangkai dengan penyerahan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), penyerahan bibit bawang, serta pembagian benih ikan pada para petani Kecamatan Sidikalang.


Bupati menyampaikan rasa bangga pada petani yang telah mengizinkan lahannya untuk pertanian tanaman bawang sebagai percontohan. Bupati menyebut, tidak salah bila Petani disebut sebagai profesi penting karena apa yang dihasilkan bermanfaat bagi orang banyak.


Namun kata Bupati, sekarang perubahan terjadi disemua sektor termasuk di sektor pertanian mulai dari perubahan cuaca, teknologi, bahkan perang pun ikut mempengaruhi sektor ini.


“Kabupaten Dairi mengambil inisiatif meminta ke pusat untuk ditunjuk menjadi pusat pertanian terpadu. Dan inilah salah satu yang kita lakukan. Jadi saya mohon dukungan semua petani, karena kita sedang galakkan 1400Ha lahan untuk pertanian hortikulutura, di mana 400 Ha diantaranya ada di Parbuluan,”ujar Bupati.



Menurutnya, pencanangan penaman klaster kopil di Kecamatan Sidikang sebagai embrio menciptakan petani tangguh dan mandiri dengan swadaya karena pemerintah sudah membentuk ekosistem agar masyarakat memperluas pertanian dimana sumber permodalan telah disediakan melalui para mitra termasuk off taker.


“Selama ini bantuan kita adalah pupuk subsidi, tapi di semua daerah pupuk subsidi ini memang cukup sulit. Untuk itu pemerintah pusat mengalihkannya pada pemberian  kredit bunga perbankan dengan bunga rendah 3 persen pertahun. PPL dan teknologi secara perlahan diemplementasikan. Itulah agri unggul melalui pertanian terpadu dan terintegrasi,” katanya.


Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh staf Dinas Pertanian, para PPL, serta warga dari kelurahan dan desa di Kecamatan Sidikalang. (Red-SP.ID/CS)