Kementan RI Ajak Petani Kopi Toba Secara Bertahap Menuju Pertanian Organik -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Kementan RI Ajak Petani Kopi Toba Secara Bertahap Menuju Pertanian Organik

Rabu, 24 Agustus 2022

Toba (24/8/22)- Sumutpos.id:Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Ir.Baginda Siagian, M.Si  mengajak petani khususnya petani kopi agar memulai bertani secara organik, untuk pemupukan dan  penggunaan pestisida.. Jangan bergantung lagi dengan pupuk kimia yang saat ini mahal. Sebab bahan pokok pembuatan  pupuk ini berasal dari luar negeri.

Hal ini dikemukakan Baginda Siagian saat kunjungan kerja sosialisasi penerapan pengendalian  hama terpadu (PHT) tanaman Kopi di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan,  Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara , Selasa (23/8/22).
Menurut Baginda Siagian bahwa  petani kopi  menuju pertanian organik ini ,jangan terburu-buru, mari memulai dulu secara bertahap baik pemupukan hingga pengendalian hamanya.

"Apa yang ada di lingkungan sekitar, itulah dijadikan pupuk.
Tapi kita berproseslah hingga tidak memakai pupuk kimia lagi," kata  Baginda Siagian yang lahir di Balige, yang berasal dari Batu Moror, Silaen, sebagai kampung halamannya. 

Sebelumnya Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa ilmu pertanian tidak akan pernah cukup, khususnya membuat kompos, ini mesti  lebih  hati-hati dan teliti sehingga berhasil dengan baik.
Rangkaian acara, di isi dengan memberi bantuan peralatan dan bahan pembuatan pupuk serta pestisida secara organik kepada 4 kelompok tani di Desa Aek Raja ini.

Turut hadir Kepala  Balai Besar Perbenihan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan, Agus Hartono SP, MSc,  yang menyampaikan bahwa praktek pembuatan pupuk  kali ini tetap akan dipantau dan diberi pengarahan oleh  penyuluh pertanian setempat.

Kepada Baginda Siagian dan Agus Hartono, perwakilan masyarakat didampingi Camat Tampahan Freddy A.Panjaitan memberikan cenderamata berupa ulos Batak.
Ikut mendampingi Bupati, staf ahli Darwin Sianipar, Kadis Pertanian T.H.Sitorus, Kadis Ketapang Sahat Manullang,  Plt. Kadis Kominfo SesmonTB Butarbutar, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Toba, dan undangan terkait lainnya. (Red-SP.ID/DS)