HUT Ke-77 Republik Indonesia Diakhiri Dengan Resepsi Kenegaraan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

HUT Ke-77 Republik Indonesia Diakhiri Dengan Resepsi Kenegaraan

Kamis, 18 Agustus 2022


Gunungsitoli - Sumutpos.id : Usai seharian penuh melaksanakan berbagai kegiatan HUT Ke-77 RI, Panitia pelaksana HUT KEMRI Kota Gunungsitoli menggelar malam resepsi kenegaraan yang diselenggarakan di Halaman Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Rabu (17/08/2022) 

Resepsi kenegaraan dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli beserta Asisten dan Kepala OPD Lingkup Pemko Gunungsitoli, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Camat se-Kota Gunungsitoli, Tokoh Agama, Kapolres Nias, dan Anggota Paskibraka bersama dengan Orangtua.

Ketua Panitia HUT Ke-77 RI Kota Gunungsitoli Drs. Arham Dusky Hia, M.Si dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan HUT Ke-77 RI Kota Gunungsitoli Tahun 2022 sehingga semua acara maupun kegiatan dapat berjalan dengan sukses dan meriah dan juga terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan. 

“Harapan kami kedepannya bila memungkinkan melaksanakan lomba yang berkaitan dengan seni budaya dan pendidikan untuk bahan evaluasi pelaksanaan HUT KEMRI selanjutnya,” ucap Arham 

Sementara itu, Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Kota Gunungsitoli yang telah memberikan dukungan, saran dan kritik sehingga roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah Kota Gunungsitoli dapat berjalan baik dan kondusif.

Disampaikannya, gambaran umum kondisi perkembangan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah Kota Gunungsitoli hingga tahun 2022 antara lain :
1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Gunungsitoli Tahun 2021 meningkat 69,91
2. Pertumbuhan ekonomi Kota Gunungsitoli hingga tahun 2021 meningkat sebesar 2,25 persen
3. Tingkat kemiskinan Kota Gunungsitoli tahun 2021 menurun sebesar 6,98 persen
4. Pembangunan Infrastruktur dasar yang sudah direalisasikan yaitu pembangunan gedung kantor pemerintahan, pembangunan fasilitas pelayanan dasar dan fasilitas publik
5. Pembangunan infrastruktur strategis yang dilaksanakan tahun 2022 yaitu :
• Lanjutan pembangunan gedung DPRD Kota Gunungsitoli, penataan Lapangan Merdeka dan pengembangan kawasan wisata Taman Ya’ahowu dalam hal ini eks. Pasar Luaha akan menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan dilengkapi dengan perpustakaan untuk meningkatkan literasi anak-anak Kota Gunungsitoli, dan lanjutan pembangunan landmart wisata rohani.
• Peningkatan dan pemantapan jalan diantaranya jalan di dalam Ibukota, jalan ruas Gunungsitoli Alo’oa menuju Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara dan pembangunan jembatan-jembatan yang menghubungkan daerah terjauh.
• Pemeliharaan/penataan bangunan gedung yang diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias.
• Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) Nou di Desa Lolomoyo Tuhemberua yang pendanaannya dari APBN 
• Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) Gamo di Desa Sisarahili Gamo Kecamatan Gunungsitoli

Adapun beberapa prestasi yang telah didapatkan sepanjang tahun 2022 yaitu :
1. Kota Gunungsitoli mendapatkan Opini BPK Wajar Tampa Pengecualian (WTP) sebanyak 4 (empat) kali berturut-turut.
2. Capaian vaksinasi dosis I di Kota Gunungsitoli hingga desember 2021 mencapai target vaksinasi secara nasional yaitu sebesar 70,68 %, sementara dosis II sebesar 44,03 % dengan target sasaran tenaga kesehatan, petugas publik, lansia, masyarakat umum, dan rentan serta remaja usia 12-17 tahun.
3. Kota Gunungsitoli mendapatkan nilai 82,37 % atas Hasil Survei Penilaian Integritas dari KPK dan menempatkan Kota Gunungsitoli 10 (sepuluh) besar terbaik se-Indonesia 
4. Kota Gunungsitoli dalam rangka Pencegahan Korupsi melalui Aplikasi Monitoring Center For Prevention (MCP) mendapatkan nilai 75,77 %
5. Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Publik (MenpanRB) Tahun 2021, menetapkan Kota Gunungsitoli dengan nilai 2,03 dengan predikat cukup.
6. Kota Gunungsitoli mendapatkan juara 1 dalam rangka Lomba Inovasi Daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 dengan Inovasi EXIS (Excavator Gratis) oleh Dinas PUTR Kota Gunungsitoli
7. Pemko Gunungsitoli juga mendapatkan predikat INOVATIF dari Kementerian Dalam Negeri terkait pelaporan pelaksanaan inovasi daerah.
 

“Secara objektif kami harus akui, bahwa masih terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Pemko Gunungsitoli. Untuk itu, marilah kita bersama-sama bergandengan tangan untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Kota Gunungsitoli yang berdaya saing, nyaman dan sejahtera,” Ucap Wali Kota.

Diakhir arahannya, Wali Kota Gunungsitoli mengucapkan selamat memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia, semoga Tuhan selalu menyertai tugas dan pengabdian untuk Kota Gunungsitoli, Merdeka.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Gunungsitoli H. Abdul Hadi, SH mewakili tokoh masyarakat dalam sambutannya menyampaikan untuk membuat kondisi negara republik ini bisa bangkit, harus diawali dengan diri sendiri. Adanya kesadaran bahwa semua harus bisa diterima dengan lapang dada dan bergerak cepat. 

“Yang terpenting adalah menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini telah diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan republik ini. Kemerdekaan ini diperoleh dengan cucuran darah dan keringat, pengorbanan jiwa dan raga dan adanya semangat persatuan dan kesatuan tampa membedakan suku, agama, ras, bahasa dan lainnya,” ucap Ketua MUI

Malam resepsi kenegaraan diisi dengan Vocal Group PKK/DWP Kota Gunungsitoli, Vocal Group/Kwartet Guru-Guru dan Atraksi Paskibraka. 

Turut Hadir Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro, Ketua 1 TP-PKK Kota Gunungsitoli Ny. Venny Sowa’a Laoli. (Red-SP.ID/FH)