Bupati Eddy Berutu Luncurkan Layanan Dairi Siaga 112, Ini Kegunaannya -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Eddy Berutu Luncurkan Layanan Dairi Siaga 112, Ini Kegunaannya

Monday, August 22, 2022

Sitinjo,Dairi-Sumutpos.id: Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meluncurkan program layanan Dairi Siaga 112. Layanan Dairi Siaga 112 diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengatasi kondisi kedaruratan.

“Layanan ini sebenarnya tidak hanya melayani kedaruratan saja. Layanan Dairi Siaga 112 juga melayani laporan pengaduan terhadap pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Dairi yang terintegrasi dengan Aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat Dairi (Sidumasda),” kata Bupati Eddy Berutu saat melakukan peluncuran di Lapangan Stadion Utama Panji Sibura-bura, Rabu (17/8/2022).

Eddy Berutu juga menjelaskan penggunaan layanan Dairi Siaga 112,  misalnya, ketika ada terjadi bencana alam seperti longsor, banjir, kebakaran, kecelakaan yang menimbulkan korban, warga boleh menelpon call center 112.

Setelah itu, layanan call center 112 itu nantinya akan diarahkan untuk memilih layanan mana yang akan kita pilih. Setelah menghubungi 112, kita akan diarahkan 2 pilihan yakni, tekan angka 1 untuk layanan darurat, dan tekan angka 2 untuk laporan pengaduan pelayanan publik.

“Setelah itu, ada operator layanan Dairi Siaga 112 mencatat informasi dan meneruskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai respon yang menanganinya. Perlu kami sampaikan layanan Dairi Siaga 112 bersifat GRATIS alias tidak dipotong pulsa, dan beroperasi selama 24 Jam” terangnya.

Eddy Berutu meminta dukungan agar pelayanan tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

“Sesuatu yang baru tidak mungkin langsung sempurna. Tetapi dengan dukungan masyarakat dan perbaikan – perbaikan lainnya dari pemerintahan sehingga layanan itu bisa terpenuhi bagi masyarakat,” katanya.

Eddy Berutu juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Dairi untuk memanfaatkan layanan Dairi Siaga 112 untuk kedaruratan dan pengaduan terhadap pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Dairi.

“Saya ingin seluruh informasi tentang kedaruratan dan pengaduan masyarakat terkait layanan publik dapat terdokumentasi dengan baik dan ditindaklanjuti secara cepat dan tepat. Melayani dengan cepat dan tepat adalah salah satu prasyarat menuju Dairi Unggul,” ujarnya.

Eddy Berutu mengatakan, layanan ini merupakan wujud untuk mencerdaskan Kabupaten Dairi, di mana pelayanan kita dalam bentuk digitalisasi kepada masyarakat.

“Digitalisasi terus dilakukan, pelayanan administrasi publik yang transparan dan akuntabel dengan memanfaatkan teknologi informatika. Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Dairi mempersiapkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk menuju ”Smart City” sebuah konsep Kota Cerdas yang meningkatkan taraf hidup warganya dengan pelayanan publik yang prima demi tercapainya kesejahteraan warga,” ujarnya.
Di akhir sambutannya, Bupati Dairi Eddy Berutu juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur Pengembangan, Pita Lebar Kemenkominfo RI Ir. Harapan Takaryawan Simanjuntak, Direktur PT Jasnita sebagai penyedia layanan Dairi Siaga 112 yang diwakili Rusdan Winanda, Dinas Komunikasi dan Informatika Dairi yang terus membantu terwujudnya layanan Dairi Siaga 112.

“Ini adalah merupakan terobosan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk memberikan pelayanan publik dalam kedaruratan. Semoga layanan ini membantu masyarakat dan pelayanan tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dairi Ariyanto Tinambunan mengatakan, seluruh tahapan proses persiapan layanan ini mulai dari penetapan Peraturan Bupati Dairi Nomor 16 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Nomor Tunggal Panggilan Darurat dan Pengaduan di Kabupaten Dairi. Kemudian dilanjutkan Fokus Discussion (FGD) dengan stake holder, rekrutmen operator dengan rekomendasi dari OPD, koordinasi dengan Kementerian Kominfo dalam hal penyediaan jaringan telekomunikasi di Dairi.

“Terkait tahapan dan proses yg sudah dilalui sehingga Layanan Dairi Siaga 112 sehingga layak untuk diluncurkan melayani masyarakat Kabupaten Dairi.Selanjutnya dilakukan Bimtek serta simulasi yang sudah diselesaikan sehingga memungkinkan layanan ini dapat diluncurkan dan melayani masyarakat. Layanan Dairi Siaga 112 ini untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kegawat daruratan diantaranya bencana alam, kebakaran, kecelakaan , dan lain – lain”

Usai memberikan kata sambutan, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Wakil Bupati Jimmy Sihombing melepas balon ke udara sebagai tanda program layanan 112 diluncurkan. Pelepasan balon ke udara turut disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat.(Red-SP.ID/CS)