Bupati Dairi Bagikan Bibit Jagung Hibrida dan Alat Pertanian -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Dairi Bagikan Bibit Jagung Hibrida dan Alat Pertanian

Monday, August 1, 2022

Tanah Pinem-Sumutpos.Id:
Pemerintah Kabupaten Dairi canangkan KUR Klaster jagung di Kecanatan Tanah Pinem dengan membagikan alat pertanian dan bibit jagung hibrida kepada kelompok tani, Sabtu (30/7/2022). Pencanangan dan pembagian bibit tersebut diberikan langsung oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu di dampingi Anggota DPRD Dairi Fraksi Golkar Charles Tamba dan Sekretaris Daerah Budianta Pinem di Aula Kantor Kecamatan Tanah Pinem.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati mengatakan sangat senang bisa hadir bertatap muka langsung dengan para kelompok tani. Kehadiran dari jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi diharapkan memberikan semangat kepada seluruh masyarakat khususnya kelompok tani.

Untuk tanaman jagung, Eddy Berutu berujar di tahun 2021 pertumbuhan produksinya meningkat sebesar 278 ton atau 21% dikarenakan jumlah lahan yang juga meningkat.

“Kita harapkan kombinasi dengan cara bertanam dan cara pupuk yang tepat akan bisa berdampak bagi petani. 2500 hektar lagi kita kejar untuk capai tanam jagung 5000 hektar,” kata Bupati.

Saat ini situasi pertanian dikatakan Bupati Dairi Eddy Berutu tidak mudah karena sarana dan prasarana agak terkendala, salah satunya tentang pupuk subsidi. Terkait hal tersebut, Dirjen Kementerian Pertanian telah turun ke Dairi pada saat gerakan tanam kopi beberapa waktu yang lalu dan telah menjelaskan apa yang menjadi penyebab pupuk subsidi langka.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi telah mencanangkan KUR Klaster Kopi dan Jagung. Dengan hadirnya KUR Klaster tersebut, diharapkan produksi jagung khususnya tidak menurun, bahkan akan meningkat.

Selanjutnya, untuk bantuan alat pertanian, Ia mengucapkan hal itu bisa terwujud karena adanya dukungan dari DPRD lewat anggaran yang telah diusulkan oleh pemerintah.

“Terimakasih kepada dewan salah satunya kepada Pak Charles Tamba yang turut hadir dalam acara ini. Melalui kesempatan ini, saya ajak kelompok tani atau petani untuk masuk ke dalam KUR Klaster jagung. Pemerintah komit akan mencari segala cara untuk meningkatkan produksi jagung,” ucap Eddy Berutu.

Peran PPL juga sangat diharapkan untuk selalu hadir meyakinkan petani sehingga semangat untuk bertanam jagung semakin meningkat. Kepala Desa sebagai pemimpin di desa juga diharapkan ikut mendukung KUR Klaster jagung dimaksud.

“Bantuan bibit jagung dan alat pertanian ini kiranya dapat digunakan dengan sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian jagung,” ujar Eddy Berutu di akhir sambutannya.
Sementara itu, Charles Tamba mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi pastinya akan komit untuk membangun, namun pasti ada masyarakat yang tidak puas dengan pembangunan yang telah dijalankan. Dengan keterbatasan anggaran, Charles Tamba berujar Bupati Dairi terus berupaya untuk membangun Dairi, salah satunya dengan pemberian bantuan bibit jagung dan alat pertanian ini.

“Pembangunan akan bisa berjalan jika pemerintah dan masyarakat saling berkolaborasi. Jika ini terjadi maka visi dan misi pemerintah mewujudkan Dairi unggul dalam harmoni keberagaman yang mensejahterakan masyarakat dapat terwujud. Kita apresiasi atas atensi yang dilakukan oleh Bupati dalam membangun Kabupaten Dairi ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang menyampaikan bahwa benih jagung yang dibagikan sebanyak 4,5 ton varietas Asia 92 kepada kelompok tani. Untuk alat pertanian akan dibagikan sebanyak 7 alat penanam jagung dan 1 mesin panen jagung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Tanah Pinem, Danramil Tanah Pinem, Camat Tanah Pinem Sion Sembiring, jajaran Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, serta para Kepala Desa se-Kecamatan Tanah Pinem.(Red-SP.ID/CS)