Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Peringati Idul Adha dengan Bagikan Daging Kurban ke Masyarakat di Perbatasan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Peringati Idul Adha dengan Bagikan Daging Kurban ke Masyarakat di Perbatasan

Monday, July 11, 2022


Entikong, Kalbar -Sumutpos.id: Dalam rangka merayakan hari raya Idhul Adha 1443 H/ 2022 M Satgas Pamtas Yonif 645/Gty memotong/Berkurban 3 ekor kambing dan dibagikan ke Masyarakat yang berada di perbatasan RI-Mly, pemotongan hewan kurban bertempat di Pos Komando Taktis (Kotis) Gabma Entikong Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Ds. Entikong Kec. Entikong, Kab. Sanggau. Minggu, 10/07/2022.

Dansatgas Pamtas Yonif 645/Gty Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangannya menyampaikan bahwa melaksanakan kurban dalam hari raya Idul Adha merupakan cara memeperingati kepatuhan Nabi ibrahim terhadap perintah Allah SWT untuk mengorbankan anaknya disembelih dimana kemudian anak Nabi Ibrahim digantikan dengan seekor domba/Kambing saat disembelih. Hal ini menurutnya juga sesuai isi Al-Qur'an Surat As-Saffat ayat 107 yang hingga saat ini diteladani oleh umat islam. Ujar Dansatgas.

Bagi umat Islam yang mampu dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban. Pada dasarnya, penyembelihan binatang qurban ini mengandung dua nilai yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Berkurban juga merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan ini termanifestasikan secara jelas dalam pembagian daging kurban.

Perintah berkurban bagi yang mampu ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang respek terhadap fakir-miskin dan kaum dhu’afa lainnya. Dengan disyari’atkannya qurban, kaum muslimin dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial, mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama

“Harapan kami dengan adanya pembagian hewan qurban ini ke masyarakat-masyarakat perbatasan di Hari Raya Idul Adha sekarang ini, bermanfaat, Berkah dan dapat sedikit membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi masyarakat kurang mampu di wilayah perbatasan”. Tutup Dansatgas.
(Pen Satgas Yonif 645/Gty) (Red-SP.ID/Tim 01)