Tenaga Teknis ANBK Toba Ikuti Pelatihan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Tenaga Teknis ANBK Toba Ikuti Pelatihan

Friday, June 10, 2022


(Image/gambar):Kabid Dikdas Toba Berghman Sitorus S. Pd. Saat wawancara dengan wartawan Sumutposid, sehabis memberangkatkan 16 Orang Tenaga Tehnis ANBK Kab. Toba.
 

Balige-Sumutpos.id:Keberadaan operator di dalam sekolah sangat dibutuhkan dan sangat vital karena operator sekolah berhubungan langsung dengan semua data sekolah, dengan demikian operator harus paham tugas dan fungsi yang di embannya.


Memahami beratnya tugas dan fungsi (tufoksi) operator sekolah ini, maka Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan pelatihan tenaga teknis Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan di Siantar Hotel Jalan WR. Supratman No. 3 Dwikora Proklamasi Pematang Siantar.

Pelatihan ini di ikuti lima (5) Kabupaten/Kota yaitu  Kabupaten Toba, Kab.Taput, Kab. Simalungun, Kotamadya Tebing Tinggi dan Kotamadya Pematang Siantar.

Kabit Dikdas Toba Berghman Sitorus S. Pd. setelah menerima surat undangan pelatihan tenaga teknis ANBK jenjeng Sekolah Dasar (SD) dari Kepala Dinas Pendidikan Provsu No. 4213/2949/AN-Sumut/V/2022. tanggal 31 Mei serta petunjuk dari Plt. Kadis Pendidikan Pemuda & Olah Raga Toba, bergerak cepat mengutus 16 orang Tenaga Teknis ANBK biasa disebut operator untuk ikut pelatihan.
 
Ke-16 orang operator yang ikut pelatihan, di ambil satu perkecamatan  agar mewakili 16 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Toba.

Bertempat di Ruang Kantor Dikdas. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kab. Toba, Jumat 10/6/22 Berghman Sitorus memberikan arahan kepada  ke 16 orang operator agar benar - benar mengikutinya, supaya sepulangnya nanti menjadi mentor di Kecamatan masing-masing dan dapat melatih operator sekolah di wilayah tugas dimana ditempatkan.

Lebih jauh Kabid Dikdas berharap agar kegiatan ini dapat kita jadikan momentum untuk menjawab salah satu visi dan misi Bapak Bupati Toba yaitu Sumber Daya Manusia Unggul & Handal.
Kita sadar masih banyak yang harus dikerjakan dan masih ada kekurangan yang dibenahi, aggaran terbatas, pasilitas minim dan masih ada sekolah tidak memiliki operator ini menjadi pr. dan tanggung jawab yang harus kita kerjakan bersama.

Selanjutnya Berghman mengatakan ada 9 pokok tugas dan fungsi operator yaitu :
1.Mengelola Aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan.
2 Mengelola Aplikasi PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan)
3.Mengelola Aplikasi SPM ( Standar Pelayanan Minimal).
4.Pengajuan KIP untuk melaksanakan Program Indonesia Pintar (PIP).
5.Pelayanan Administrasi Tata Usaha.
6.Verifikasi dan Validasi Peserta Didik.
7.Mengelola Aplikasi BioUN.
8.Mengelola Inventaris Sarpras.
9.Mengelola Aplikasi Sekolah.

"Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Toba sebagai pangkalan data akan selalu terbuka dan akan terus mensosialisasikan tugas dan fungsi operator sekolah, ingat, sekali lagi ingat tugas dan fungsi operator sekolah sangat berat, sebagai tenaga teknis marilah bekerja dengan hati," seru Kabid Dikdas mengakhiri arahannya (Red-SP.ID/DS).