Satu Tahun Sudah Berjalan Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Nias -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Satu Tahun Sudah Berjalan Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Nias

Friday, June 10, 2022

(image/gambar) Galeri kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selama satu tahun berjalan

Nias - Sumutpos.id : Membuka lembar baru, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Tahun 2021, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pasangan Yaatulo Gulo dan Arota Lase pasca dilantik pada tanggal 10 Juni 2021 langsung diperhadapkan pada tantangan yang cukup berat. Dampak pandemi covid-19 yang masih merajalela, menjadikan dinamisasi Pemerintahan sangat merasakan guncangan yang memaksa terjadinya pembatasan aktifitas sosial masyarakat. Dibawah komando Bupati Nias Yaatulo Gulo langsung berbenah untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Nias yaitu Trisakti Nias Maju, Kerja Fokus Nias Maju. Mereview perjalanan daerah ditahun pertama Pemerintahan Yaatulo Arota, inilah Kaleidoskop Pemerintah Kabupaten Nias Tahun 2021. Jumat (10/06/2022 )

- 29 Juni 2021, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Nias Khususnya di Kabupaten Nias. Dalam Kunjungan tersebut, Bupati Nias menyampaiakan bahwa mempunyai harapan yang lebih baik kedepan karena adanya dukungan Gubernur Sumatera Utara, sehingga Kabupaten Nias dapat terlepas dari kandidat daerah 3T.

–14 Juli 2021, Untuk menunjang hasil produksi pertanian terhadap kelompok tani di kabupaten nias, Pemerintah Kabupaten Nias serahkan bantuan Benih Padi hingga Obatobatan kesejumlah Kelompok Tani. Dalam Kegiatan tersebut, Bupati Nias mengajak kelompok tani agar melakukan penanaman secara serentak serta dapat meningkatkan luas tambah tanam persawahan sesuai petunjuk penyuluh pertanian lapangan di setiap wilayah masingmasing.bantuan yang diterima bukan justru menjadi konflik internal kelompok, namun membawa dampak positif terhadap kelompok. Melalui bantuan benih unggul yang diterima, maka target produksi bisa mencapai 6,5 – 7 ton/hektar, dari capaian produksi padi sebelumnya yang hanya mencapai 3–4 ton/hektar.

- 19 Juli 2021, menyambut hari raya Idul Adha 1442 Hijriah, Bupati Nias Yaatulo Gulo menyerahkan hewan qurban kepada Badan Kenajiran Mesjid Al Abrar Idanogawo, Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias. Bupati Nias berharap, Sesuai arahan Pemerintah pusat kiranya hewan qurban yang dipotong selanjutnya diantar ke rumah jemaah masing-masing, begitu juga dengan Sholat Idul Adha dilakukan di rumah saja. Penyerahan hewan qurban tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Nias, para pengurus Masjid Al Abrar Idanogawo, sejumlah kepala OPD dan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias.

- 25 Juli 2021, Bupati Nias bersama dengan Tim Satgas Covid 19 menggelar rapat perdana. Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias, Ya’atulo Gulo, menyampaikan bahwa, “Pemerintah Kabupaten Nias bersama Satgas Covid-19, perlu segera merumuskan langkah-langkah dan kebijakan yang diambil demi percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nias”. “Sinergitas Stakeholders dan kesadaran bersama seluruh elemen Masyarakat adalah kunci percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Nias, untuk itu mari kita bersama-sama menyatukan pemahaman dan persepsi yang sama dari semua pihak yang terlibat.

- 21, 22 dan 26 Juli Bupati dan Wakil Bupati Nias menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintahan Desa. Menurut Bupati Nias Ya’atulo Gulo, para kepala perangkat daerah, camat, pemerintah desa dan BPD harus menyatukan persepsi, meningkatkan sinergitas dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa di Kabupaten Nias yang sedang berjalan tahun 2021. “Terkhusus desa yang tertinggal atau sangat tertinggal agar memprioritaskan pembangunan jalan ke pusat desa dan jalan yang sudah dibuka supaya ditingkatkan ketahap pengerasan, bila perlu dilakukan kerjasama antar Desa.

 - 3 Agustus 2022, Bupati Nias meresmikan peluncuran Pupuk Kompos Organik RWB saab shares, di Desa Lolozasai Kecamatan Gido

- 25 Agustus 2022, untuk mewujudkan cita – cita pembangunan sebagaimana yang telah dirumuskan di dalam Visi “Kabupaten Nias Maju” serta Misi “Trisakti Nias Maju” Bupati Nias bersama dengan DPRD Kabupaten Nias serta Kepala OPD, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026.

- 24 September 2022, Bupati Nias Terima Kunker Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S, M.Si, tinjau pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 yang di laksanakan di kompleks perkantoran hiliweto gido Kabupaten Nias, pada kunjungan tersebut juga turut hadir Wakil Bupati Nias, Dandim Nias, Kapolres Nias atau mewakili, Sekda Nias, Unsur Forkompida, Kapolsek.

- 25 Oktober 2022, Bupati Nias Yaatulo Gulo bersama rombongan menuju lokasi bencana untuk melihat langsung ruas jalan yang tertimpa bencana longsor. Bupati Nias juga memberi petunjuk kepada Dinas terkait untuk segera menangani bencana tersebut, agar aktifitas masyarakat setempat kembali normal.

- 29 Oktober 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo mengikuti pelaksana'an Bulan Bhakti Gotong Masyarakat (BBGRM) XVIII Kabupaten Nias tahun 2021, yang berlokasi di Desa Baruzo, Desa Saitagaramba Kecamatan Sogae'adu, menuju Desa Loloana'a Kecamatan Gidö. Bupati Nias berharap, dalam mewujudkan Kabupaten Nias Maju, pelaksanaan gotong royong seperti ini akan terus digelorakan di seluruh wilayah Kabupaten Nias. dengan tujuan membuka keterisoliran desa-desa sekaligus menjawab tantangan dan permasalahan yang dialami masyarakat Kabupaten Nias dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang besar dalam peningkatan pendapatannya.

- 30 Oktober 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo mengikuti acara peletakan batu pertama dan pesta pembangunan Gereja Katolik Stasi St. Flavius Orahili Idanoi Kecamatan Hiliserangkai Kabupaten Nias.

- 31 Oktober 2021, Era kemajuan teknologi sekarang ini, jaringan komunikasi sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Sebab, masih banyak wilayah Kecamatan maupun desa desa yang belum dapat menikmati jaringan telekomunikasi. Bupati Nias Yaatulo Gulo mengadakan pertemuan dengan Penyedia Menara Telekomunikasi dalam rangka peningkatan jaringan internet dan jaringan telepon selular di wilayah Kabupaten Nias, yang merupakan bagian dari pembangunan “Desa Terakses”, terakses jaringan telekomunikasi.

- 4 November 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo membuka secara resmi kegiatan Sekolah Lapang Gempabumi Kabupaten Nias. Sekolah Lapang Gempa Bumi ini bertujuan untuk membangun masyarakat siaga bencana yang nantinya diharapkan dapat diakui secara Internasional, serta membangun kepercayaan dan minat para wisatawan dan dunia usaha untuk dapat berkunjung dan memajukan Nias. Bupati Nias berharap agar peserta Sekolah Lapang Gempabumi dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar kegiatan pengetahuan yang diperoleh dari Sekolah Lapang Gempabumi ini dapat disebarluaskan kepada keluarga dan masyarakat sekitar, sehingga dapat memahami respon yang harus dilakukan apabila terjadi gempabumi.

- 5 November 2021, Program dan Metode PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) program strategis Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, untuk memenuhi kebutuhan atas kepemilikan tanah. Untuk menyukseskan program tersebut , Bupati Nias Yaatulo Gulo bersama dengan Kepala Organisasi Pemerintah Daerah(OPD) serta Camat seKabupaten Nias menggelar rapat koordinasi mengenai Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Bupati Nias menegaskan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) agar dipercepat, karna program ini adalah peluang, maka harus segera dimaksimalkan karena banyak manfaatnya; salah satunya, lebih mudah untuk dijadikan agunan sebagai modal usaha serta untuk mencegah konflik kepemilikan tanah.

- 10 November 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo menyambut kedatangan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, MM didampingi PJU Polda dan PJU Kodam 1/BB di Bandara Udara Binaka dalam rangkaian Kunjungan kerja meninjau pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Nias.

- 29 November 2021, Bupati Nias memimpin pelaksanaan Upacara Hut Ke 50 Kopri tahun 2021, Dalam Peringatan HUT ke-50 KOPRI tahun 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo mengajak segenap anggota Kopri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias untuk Berubah, Berbenah, Kerja Fokus dan Maju.

- 7 Desember 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo  dan Wakil Bupat Nias Arota Lase, menggelar rakor bersama unsur Forkopimda dalam rangka pelaksanaan Vaksinasi serta Antisipasi Natal dan Tahun baru 2022. Pemerintah Kabupaten Nias maupun Forkopimda harus dapat bekerja sama terkait keramaian dan mobilitas masyarakat demi menghindari terjadinya lonjakan Covid-19, serta mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok dan melonjaknya angka inflasi.

- 18 Desember 2022, Bupati Nias Yaatulo Gulo bersama dengan Kapolres dan Dandim Nias serta rombongan, meninjau langsung lokasi yang terkena dampak banjir di beberapa titik di Kabupaten Nias. Bupati Nias menghimbau agar masyarakat setempat tetap waspada mengingat cuaca yang akhir akhir ini cukup buruk. Disaat yang bersamaan, diberikan bantuan sembako kepada masyarakat.

- 21 Desember 2022, Bupati Nias Yaatulo Gulo , menyambut baik dan mengapresiasi atas diterbitkannya buku "Termasyur Teturia Desa Holi di Ulugawo, Nias" oleh Yayasan Museum Pusaka Nias, Karya terbaik dari Pastor Johannes M. Hammerle, OFMCap., karena dengan demikian telah menambah literasi, buku bacaan dan dokumen sejarah Kabupaten Nias yang bersumber dari Kecamatan Ulugawo. Bupati Nias mengharapkan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala OPD, hendaknya buku ini dapat dijadikan sebagai bahan Mulok/bahan bacaan perpustakaan Sekolah/perpustakaan PTS/perpustakaan OPD, sehingga mudah dikenal dan dikuasai oleh anak didik masing masing maupun masyarakat.

- 23 Desember 2022, Bupati dan Wakil Bupati Nias bersama dengan Dinas Pemdidikan Kabupaten Nias, serahkan Beasiswa Berprestasi tingkat SD dan SMP Se-Kabupaten Nias tahun 2021.

- 28 Desember 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo memantau pelaksanaan tes seleksi pegawai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Rumah Sakit Umum dr. M. Thomsen Nias. Bupati Nias memastikan proses seleksi berlangsung transparan dan jujur. Sehingga, peserta dengan kemampuan terbaik ditiap tahapan dipastikan akan lolos. Diharapkan agar para peserta mengikuti seleksi dengan baik serta jangan percaya jika ada tawaran rekrutmen pegawai dengan membayar sejumlah uang, karna ini murni mencari kualitas, bukan kuantitas.

SIDAK

 - 14 Oktober 2022, Untuk mengetahui pelayanan dan kinerja tenaga kesehatan di Rumah Sakit dr. M Thomsen Nias, Bupati Nias lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) guna mengetahui secara langsung proses pelayanan kepada pasien yang sedang di rawat. Bupati Nias meminta seluruh Tenaga/Petugas Kesehatan dapat memaksimalkan kinerja terutama memastikan pelayanan kepada Pasien yang efektif dan efisien.

- 4 November 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo melakukan Sidak di kantor PDAM Tirta Umbu. Saat sidak, Bupati Nias menemukan adanya anak kecil di ruang kerja kasir, rendahnya disiplin pegawai, lemahnya sistem internal control perusahaan mulai dari sistem penagihan s.d penerimaan uang, sistem inventory control yang lemah, sistem management piutang usaha yang lemah dan sistem pelaporan keuangan yang lemah, sehingga bermuara pada kinerja perusahaan yang tidak begitu menggembirakan dan pelayanan pelanggan yang kurang optimal. Dari tahun ke tahun tunggakan pembayaran rekening air semakin membengkak yang semakin membebani keuangan perusahaan. Bupati memberikan beberapa tugas bagi manajemen dan staf perusahaan untuk segeramemperbaiki kelemahan itu dan memperbaiki pelayanan bagi pelanggan air minum.

- 5 November 2021, Bupati Nias Yaatulo Gulo melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada pelaksanaan pembangunan di ruas jalan Lolozasai dan Ladea-Nifaloo Lauru, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Sidak tersebut untuk memastikan kualitas dari proyek pemerintah yang dilaksanakan rekanan serta untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar serta harus selesai sesuai standar kualitas yang ditetapkan. Saat dilapangan, Bupati mendapatkan beberapa titik yang harus diperbaiki dan meminta dengan tegas agar pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) supaya meningkatkan pengawasan dan waktu pelaksanaannya sesuai dengan yang diatur dalam kontrak.

06/01/2022, Untuk mendukung terbitnya sertifikat tanah untuk masyarakat, Pemerintah Kabupaten Nias telah menetapkan regulasi yang mengatur bahwa untuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) tidak dikenakan biaya atau Nol Rupiah. 3.074 sertifikat, yang terdiri dari; PTSL sebanyak 1.942 sertikat, Sertifikat Restribusi tanah sebanyak 1.000 sertikat, Lintas Sektoral sebanyak 49 sertifikat, dan Sertifikat Aset Pemerintah Kabupaten Nias sebanyak 83 sertifikat Dengan terbitnya sertifikat tanah ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat, utamanya memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hak atas tanah, agar terhindar dari konflik kepemilikan lahan serta dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh akses permodalan dan perizinan usaha.

 

07/01/2022, Bupati Nias Yaatulo Gulo Meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Anak di SD Negeri 071078 Hiliweto Gido Kabupaten Nias. Selain untuk memastikan kesiapan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan instansi terkait dalam pelaksanaan vaksinasi, peninjauan juga dilaksanakan untuk melihat antusias dari anak-anak yang akan divaksin.

12/01/2022, Bupati Nias Serahkan Bantuan Mesin Perahu Kepada Nelayan Dari Program CSR Pt. Bank Sumut Tahun 2021. Sektor Perikanan merupakan sektor penting bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Nias, dimana sebagian besar masyarakat di pesisir menggantungkan kehidupannya sebagai nelayan. Untuk Mewujudkan salah satu Misi Trisakti Nias Maju yaitu "Petani, Peternak, Nelayan Produktif",

17/01/ 2022, Bupati Nias Kunjungi Pasien Yang Terdiagnosis Gea+Intoksikasi Makanan Di Puskesmas Botombawo, Kec. Hiliserangkai. Berdasarkan Data Hasil Identifikasi Keracunan Makanan, kejadian ini telah menimbulkan korban sebanyak 26 orang, dimana para korban  mengaku telah mengkonsumsi makanan tersebut dan mengalami sakit, pusing, mual dan muntah sehingga sebagian besar dari korban sedang menjalani rawat inap dan rawat jalan. Menyikapi kejadian tersebut Bupati Nias langsung menuju Puskesmas dan melihat secara langsung kondisi korban keracunan makanan, dan memastikan pelayanan kepada pasien serta memastikan ketersediaan obat-obatan, fasilitas medis lainnya di Puskesmas tersebut.


18/01/2022, Bupati Nias Yaatulo Gulo meninjau renovasi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Hiliweto Gido. Saat peninjauan, ditemukan adanya beberapa bangunan yang kualitas materialnya tidak memenuhi standar, sehingga Bupati Nias menegaskan agar material bangunan tersebut segera diganti dan diperbaiki. Disaat yang bersamaan, Bupati Nias juga menegaskan kepada Kepala Dinas dan seluruh Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta lebih memperhatikan kebersihan kantor supaya masyarakat yang datang merasa lebih nyaman.

27/01/2022, Pemerintah Kabupaten Nias menggelar rapat Konsultasi Publik Rancangan Awal Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Tahun 2023. Bupati Nias meyampaikan bahwa Dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2023 yang akan datang diperlukan kerjasama dan keterpaduan semua pemangku kepentingan pembangunan sehingga beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak dapat ditangani oleh Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nias, antara lain, Bidang Infrastruktur, Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan.

08/02/2022, Antisipasi Lonjakan Covid-19, Bupati Nias Yaatulo Gulo, didampingi Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan S.IK, dan Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Martky Jaya Perangin-angin beserta rombongan Cek Kesiapan Rumah Sakit Umum dr. M. Thomsen Nias.

17/02/2022, Bupati Nias Ya'atulo Gulo bersama dengan Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua , dampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi , Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si dan Pangdam I/BB Mayjen. TNI Hassanudin S.I.P., M.M beserta rombongan saat melakukan peninjauan vaksinasi di Kepulauan Nias. Vaksinisasi yang dilaksanakan merupakan kegiatan vaksinasi serentak yang dipantau secara langsung oleh Presiden Joko Widodo secara virtual.

18/02/2022, Bupati Nias Ya'atulo Gulo dan Wakil Bupati Nias Arota bersama Ketua Yaperti Nias Marinus Gea dan Rektor Universitas Nias Eliyunus Waruwu beserta rombongan, meninjau pelaksanaan Asesmen Dosen dan Calon Dosen Universitas Nias. Hal ini bertujuan untuk memajukan Kepulauan Nias dalam Bidang Pendidikan dengan didukung oleh tenaga pendidik yang berkualitas.

14/03/2022, Bupati Nias menggelar inspeksi mendadak (sidak) di RSUD Dr. M. Thomsen Nias untuk melihat pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kunjungan Bupati ini untuk memastikan seluruh pelayanan yang ada pada setiap unit di rumah sakit sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

05/04/2022, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor Tahun 2022 melalui tatap muka dan video conference yang bertempat di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Dalam hal ini Bupati Nias Paparkan Rancangan RDTR Kawasan Perkotaan Gido Kab. Nias tujuan RDTR adalah mewujudkan Kawasan Perkotaan Gido yang nyaman, dibutuhkan perencanaan tata ruang dan pemanfaatan ruang yang berkualitas dan berwawasan lingkungan, salah satunya melalui Ruang Terbuka Hijau (RTH).

19/04/2022, Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Nias Tahun 2022. Masalah Stunting merupakan masalah Nasional yang mendapat prioritas utama. Bupati Nias menghimbau agar dilakukan edukasi kepada masyarakat, adanya pemilihan nutrisi yang baik serta penyediaan akses sarana dan prasarana kebersihan dan kesehatan yang merata di seluruh desa se-Kabupaten Nias. Untuk itu diperlukan keterlibatan seluruh lapisan masyarakat, dunia usaha dan lintas sector melalui pendekatan holistik, integrasi, tematik dan spatial. Perangkat Daerah diharapkan untuk melakukan inovasi serta terobosan yang berkontribusi dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Nias, melalui kegiatan strategis, melakukan perbaikan dari seluruh aspek melalui dua intervensi yaitu intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif.

09/05/2022, Bupati Nias Monitoring Secara Langsung Pelaksanaan Ujian Sekolah Tingkat SD. Kegiatan ini masih tetap dilakukan dengan tujuan untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan ujian, memantau kesiapan dan kenyamanan seluruh siswa atau peserta ujian selama mengikuti ujian, dan sekaligus memastikan kehadiran para guru dalam mengawas selama proses ujian berlangsung.

27/05/2022, Dibawah kepemimpinan Bupati Nias Ya'atulo Gulo dan Wakil Bupati Nias Arota Lase, Pemerintah Kabupaten Nias berhasil meraih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Nias tahun Anggaran 2021. Pencapaian Pemerintah Kabupaten Nias meraih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) merupakan PERTAMA KALI DALAM SEJARAH sejak Kabupaten Nias ditetapkan sebagai satu Kabupaten Otonom di lingkungan Propinsi Sumatera Utara Pada Tahun 1956.

Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Nias Fokus pada  pembangunan Rumah Sakit Pratama yang dana bersumber dari Pusat, Revisi Rencana RT dan RW Kabupaten Nias Tahun 2014-2034, pembangunan Infrastruktur Jalan sepanjang kurang lebih 42 Km di 15 Ruas Jalan di Wilayah Kabupaten Nias antara lain ruas jalan menuju Kantor Bupati Nias, Duria- Somi, Fadoro Lauru -Sisobalauru, Hilibadalu -Maliwa,a, Hiliweto – Lasara Siwalubanua, Tetehosi- Bozihona, Dahadano Botombawo-Talafu, Ononamolo Talafu-Ononazara, Tetehosi-Holi, Sogaeadu-Somolomolo dan Hiliweto Lasara Siwalubanua berupa jalan hotmix sedangkan pembangunan jalan lapen akan dibangun di ruas jalan yang menghubungkan Onombongi-Orahili, Baruzo-Loloanaa, Lahemo (Simpang Tulus) – Sihareo III dan Ombolata Sisarahili-Hiliwaele Satu serta pembangunan jembatan di Baruzo Loloanaa dan Lauri Somolo-molo. (Red-SP.ID/FH)