Demi Mempertahankan & Memperkenalkan Budaya Simalungun ke Eropa, Sanggar Simalungun Home Dancer (SIHODA)Rela Lakukan Atraksi di Jalanan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Demi Mempertahankan & Memperkenalkan Budaya Simalungun ke Eropa, Sanggar Simalungun Home Dancer (SIHODA)Rela Lakukan Atraksi di Jalanan

Thursday, June 2, 2022

Pematangsiantar-Sumutpos.id:Semangat,Semangat,Semangat! kalimat ini pantas diucapkan kepada Sanggar Simalungun Home Dancer(SiHoDa) yang sudah berprestasi dikancah internasional membawakan Budaya Simalungun.

Perlu di ingat bahwa tahun lalu SiHoDa menyabet gelar juara tari di Turki dan juara Fashion tari yang dipertunjukkan tentu tari Simalungun dan pakaian adat Simalungun.

Tahun ini juga SiHoDa berencana akan mengadakan pertunjukan di Eropa yang dijadwalkan pada bulan Juli 2022 yang akan datang. Informasi ini diterima dari salah satu Official SiHoDa,  Hasna  Hutasuhut saat team tari SiHoDa melakukan kegiatan penggalangan dana disalah satu warung kopi di kota Pematangsiantar.

Sekwil  PWOIN Sumut, Horas Sianturi, SH,M.Th, didampingi ketua OKK Henderson Silalahi coba bertanya kegiatan ini tujuannya untuk apa? Hasna menjelaskan bahwa tujuan mereka melakukan kegiatan tari Simalungun dari warung ke warung ini demi mengumpulkan dana agar mereka bisa mengikuti acara di Eropa pada bulan Juli.

Hasna juga menjelaskan bahwa SiHoDa membutuhkan dana sekitar Rp 400,000,000 (Empat Ratus Juta Rupiah) untuk memberangkatkan sekitar 14 orang penari, 3 Official dan 3 CEO, jadi semua 20 orang.

Dan kegiatan ini harus kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Horas Sianturi mempertanyakan sejauh mana peranan dan kontribusi dari pemerintah kota/kabupaten untuk SiHoDa?

Hasna menjelaskan bahwa SiHoDa sangat kecewa terhadap Pemko Pematangsiantar, karena disaat SiHoDa ingin bertemu saja dengan pimpinan kota ini susah. "Kami (SiHoDa) memang butuh materi,  akan tetapi kami lebih butuh dukungan, doa dan semangat dari pemerintah karena kami bukan membawa prestasi atas nama kami sendiri melainkan atas nama Etnis Simalungun"terangnya.


Horas Sianturi menghimbau kepada Pemko Pematangsiantar dan Pemkab Simalungun serta para pengusaha agar lebih memperhatikan semangat para muda mudi kita yang siap membawa budaya Simalungun Go Internasional.

"Sudah selayaknya kita mendukung semangat mereka, dan memberi apresiasi atas prestasi yang mereka torehkan di Turki tahun lalu. Semoga bulan Juli nanti mereka juga dapat mengharumkan nama Indonesia terkhusus Simalungun di Eropa nanti. Kiranya kita dapat membantu baik dari segi materi, semangat dan doa demi keberhasilan SiHoDa untuk mengharumkan nama Bangsa ini terkhusus budaya simalungun."seru Horas(Red-SP.ID/Tim 01)