Wali Kota Gunungsitoli Buka secara Resmi Sosialisasi Inovasi Daerah Tahun 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Wali Kota Gunungsitoli Buka secara Resmi Sosialisasi Inovasi Daerah Tahun 2022

Friday, May 20, 2022

(Image/gambar):Walikota buka secara resmi sosialisasi inovasi Daerah Tahun 2022

Gunungsitoli - Sumutpos.id : Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua membuka secara resmi acara pembukaan Sosialisasi Inovasi Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2022,  bertempat di Ruang rapat lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Kamis (19/05/2022).


Wali Kota Gunungsitoli dalam arahan dan bimbingannya  menyampaikan bahwa Sosialisasi Inovasi Daerah yang sedang kita ikuti saat ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya Inovasi Daerah, sesuai  Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017.  Inovasi Daerah bertujuan untuk meningkatkan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan Masyarakat.
Bertitik Tolak dari hal diatas, maka Pemerintah Kota Gunungsitoli berkomitmen untuk senantiasa berinovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, baik Inovasi dalam bentuk tata kelola Pemerintahan, Inovasi Pelayanan Publik, maupun Inovasi lainnya sesuai dengan urusan Pemerintah yang menjadi kewenangan Daerah.


Adapun hasil dari penerapan Inovasi Daerah di Kota Gunungsitoli yaitu diterapkannya Kota Gunungsitoli sebagai Kota Inovatif, berdasarkan hasil penilaian Indeks Inovasi Daerah Kementerian Dalam Negeri Tahun 2021. Selain itu juga, Kota Gunungsitoli mendapatkan Juara 1 (Satu) pada Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 melalui Inovasi Exis (Excavator Gratis) dari Dinas PUTR Kota Gunungsitoli.

Pada akhir arahannya WaliKota Gunungsitoli menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Budaya Inovasi tersebut, tentulah tidaklah mudah. Oleh karena itu pada kesempatan ini telah hadir dua orang Narasumber yaitu : Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) yang akan menjelaskan secara mendetail terkait konsep Inovasi Daerah dan Peningkatan Indeks Inovasi Daerah melalui Inovative Government Awards (IGA); dan  Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, dengan Inovasi “Buruan SAE” yang merupakan Program Pertanian perkotaan terintregrasi yang telah diadopsi oleh beberapa daerah bahkan beberapa kota di Negera lain.


Sementara itu kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah,  Karya S. Bate’e, S.STP.,MAP dalam laporanya hasil yang diharapkan dari Sosialisasi Inovasi Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2022 adalah seluruh penyelenggara Pemerintah Daerah, khususnya Perangkat Daerah diharapkan mampu menciptakan dan menerapkan Inovasi Daerah sesuai dengan tugas pokok fungsinya masing-masing, dalam upaya meningkatkan daya saing Daerah dan kesejahteraan masyarakat Kota Gunungsitoli, ujarnya mengakhiri laporannya.


Turut hadir pada acara sosialisasi tersebut Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu, yang mewakili Kapolres Nias, yang mewakili Kodim 0213 Nias, yang mewakili Kejaksaan Negeri Gunungsitoli dan seluruh Kepala Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli.(Red-SP. ID/FH)