PKK Kabupaten Toba Kunjungi UMKM Toba -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

PKK Kabupaten Toba Kunjungi UMKM Toba

Selasa, 10 Mei 2022


Ketua TP. PKK. KabupatenToba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus memberi pembinaan saat mengunjungi UMKM yang berada di Desa Sibolahotang Sas. Kec. Balige Kab. Toba

Toba-Sumutpos.id:Perajin Ulos, Perajin Suvenir dan Rumah Produsen Makanan Ringan yang juga di kenal dengan sebutan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disambangi oleh
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Toba, Nyona Rita Marlina Poltak Sitorus bersama Ketua Satu (1) Nyona Erna Grace Tonny Simanjuntak melakukan kunjungan sekaligus pembinaan kepada UMKM Toba yakni perajin ulos, perajin suvenir, dan kuliner di Desa Sibolahotang SAS, Kecamatan Balige , Kabupaten Toba, Senin, 9 Mei 2022.

Adapun lokasi yang pertama dikunjungi TP. PKK. Kab. Toba bersama kelompok kerja (Pokja) II  adalah rumah milik Mak Bobby Siahaan Boru Manurung (61) sekaligus tempatnya  sebagai perajin ulos Batak.

Dalam perbincangan Rita Marlina, Erna Grace dengan Mak Bobby, diperoleh keterangan bahwa perajin ini baru 5 tahun menekuni memproduksi ulos dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Mak Bobby mengaku menggunakan ATBM bekas seharga Rp.2.500.000,- yang dibeli dari Pematang Siantar, agar dapat memproduksi ulos, dimana ulos yang tengah dikerjakannya adalah jenis Sadum Angkola. Jenis ini  dihargai Rp.100.000,-  per lembar yang dapat di beli di pasar Balige, pada hari Onan yang jatuh setiap hari Jumat.

Untuk motif lainnya, ia mengatakan bisa mengerjakan dengan syarat ada  ulosnya sebagai contoh.
Selanjutnya TP. PKK Kabupaten Toba meninjau perajin kayu, yang memproduksi  hiasan kayu, gantungan kunci, dan miniatur rumah adat.

Tidak jauh dari lokasi perajin, Ibu-ibu PKK kemudian mengunjungi kediaman seorang  ibu rumah tangga, Lasmian Nainggolan, pemilik industri rumahan yang memproduksi  makanan ringan keripik dan sasagun.

Makanan ringan berupa kembang layang, keripik bawang, ubi ungu, keripik pisang, dan sasagun, produk dari industri rumahan ini sudah dipasarkan ke Tomok, Tigaraja, Ajibata, Siborongborong, Porsea dan Balige.

Usaha yang dimulai dari tahun 2014 ini yang dikelola  Lasmian Nainggolan dibantu oleh anak-anaknya, melihat hal ini,  TP. PKK Kabupaten Toba sangat mengapresiasi .

Rita  Marlina pun mengajak ibu-ibu yang ada di PKK bukan hanya sekedar menjadi ibu rumah tangga, tetapi juga harus bisa bekerja untuk menambah pendapatan keluarga, kata Marlina.(Red-SP.ID/DS)