Percut Sei Tuan - Serah terima jabatan kepala desa (Kades) Sekaligus Penyerahan Aset Desa -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Percut Sei Tuan - Serah terima jabatan kepala desa (Kades) Sekaligus Penyerahan Aset Desa

Monday, May 23, 2022

Medan-Sumutpost.id: Acara serah terima jabatan sekaligus penyerahan aset desa  berlangsung di Aula Kantor Camat Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, langsung dipimpin Camat Percut Sei Tuan, Ismail, S.STP., M. SP, Senin (23/05/2022).

  
Serah terima tersebut merupakan  serah terima Kades  yang terpilih pada pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Deli Serdang, 18 April lalu, dan telah dilantik oleh Bupati Deli Serdang Azhari Tambunan, pada Jum'at (20/05/2022) yang lalu di Alun-alun Pemkab Deli Serdang. 


Kepala Desa Sambirejo Timur, Joko Susilo tidak mengikuti Pilkades tahun ini, digantikan Kades terpilih, Muhammad Arifin. 
 
Kepala Desa Laut Dendang dari Kades yang lama, Suwardi kalah dalam Pilkades baru-baru ini dan pemenangnya menjadi Kades yang terpilih, Supriadi. 


Kepala Desa Pematang Lalang, Anjur Silitonga tidak mencalonkan dalam Pilkades tahun ini, dan menjadi Kades terpilih, Surung Panjaitan. 


Desa Cinta Rakyat dari Suhendro, Kades yang lama, kini yang menjadi Kades yang baru, H. Kustiono, SKP. 


Pada kesempatan tersebut, Camat Percut Sei Tuan Ismail, meminta kepada para Kades yang terpilih periode 2022-2028, untuk bekerja secara maksimal dengan mendahulukan kepentingan masyarakat, daripada kepenting pribadi atau kelompok. 

"Diharapkan Kades yang terpilih untuk sering turun ke dusun-dusun dan harus selalu monitoring apa yang sedang terjadi di dusunnya," ujar Camat.


Pintanya, semua Kades yang baru ini harus siap berkerja sama dengan elemen-elemen masyarakat dan semua perangkat desa yang telah ada seperti LKMD dan LMD.

Diminta kepada Kades terpilih, lanjut Camat untuk tidak langsung-langsung memecat perangkatnya dan menggantinya dengan orang-orang yang mungkin saat pemilihan mendukungnya. 


"Kepada Kades yang terpilihnya harus juga bisa mengembalikan keutuhan di tengah- tengah masyarakat yang terpecah saat terjadi pemilihan kepala desa beberapa waktu lalu, dikarenakan tidak sepaham dan beda pilihan," tambah Camat Percut Sei Tuan. 


Dan yang terakhir Camat Percut Sei Tuan minta kepada kepala desa yang terpilih agar siap di kritik oleh para media sebagai mitra kerja dengan tidak melakukan permusuhan atas kritikannya.



"Jadi kita minta kepada Kades yang baru ini, jangan anti kritik. Kita jadi pimpinan harus siap kritik. Karena kritikan itu, untuk mengingat kita untuk bekerja lebih baik lagi," ungkap Camat.


Sebab di zaman imformasi terbuka ini, para media bisa saja yang dahulu menemukan informasi permasalahan di suatu desa tersebut. Jadi jangan cepat ambil keputusan negatif kepada media.

"Makanya, para Kades yang baru ini harus bisa bekerjasama dengan media," pungkas Camat.



Hadir pada acara tersebut mewakili Kapolsek Percut Sei Tuan, Anggota BPD dari 4 Desa yang diserah terimakan, serta Sekretaris Desa se-Kecamatan Percut Sei Tuansekaligus penyerahan aset desa (Red-SP.ID/SS)