Wabup : Hijaukan Daerah Kita, Tanam Dan Rawatlah Bibit Pohon Ini -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Wabup : Hijaukan Daerah Kita, Tanam Dan Rawatlah Bibit Pohon Ini

Rabu, 13 April 2022

(Image/gambar):Wakil Bupati Toba Tonny M. Simanjuntak Serahkan Bibit Pohon Kepada Warga Kawasan Geopark Kaldera Toba

Toba-Sumutpos.id:Wakil Bupati Toba Tonny M. Simanjuntak menginginkan wilayah Kabupaten kita ini hijau dan asri, dan kita layak bersyukur dengan adanya program penanaman pohon, sehingga dapat mengantisipasi perubahan iklim yang terjadi dengan cara menanam pohon kembali, ini sangat penting.

Hal ini dikatakannya pada acara penyerahan bibit pohon kepada masyarakat kawasan Geopark Kaldera Toba yang berada di Kecamatan Tampahan dan Balige di Hariara Punsu, Bukit Singgolom, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Rabu (13/4/2022).



Wabup Tonny berharap masyarakat penerima bibit pohon bantuan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatra Utara (Sumut)  ini agar merawat  dan menjaga pertumbuhannya.

Ia juga bermohon akan penambahan jumlah pohon yang dapat diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi  Sumut kedepannya terutama untuk kawasan wisata geopark yang ada di Toba ini.

Selain itu, Wabup Tonny sampaikan bahwa melalui gerakan Tahun Kesehatian Gereja  HKBP dalam bentuk program peduli lingkungan hidup, gereja juga akan melakukan penanaman pohon serentak di Kabupaten Toba.

Pada kesempatan ini pula, Wabup Tonny menekankan agar empat desa yang memperoleh bantuan bibit pohon untuk benar benar melaksanakan penanaman pohon karena benih yang diberikan adalah benih yang terbaik.

Kita harus mampu menuju perubahan kearah yang lebih baik, perubahan yang membawa Toba menjadi Unggul dan Bersinar,"sebutnya  mengakhiri sambutannya.

Acara pemberian sebanyak 2.672 bibit pohon berbagai jenis ini juga dirangkai dengan  penanaman sejumlah pohon yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas LHK Kabupaten Toba bekerja sama dengan Dinas lingkungan Hidup Provinsi Sumut di lokasi Bukit Singgolom.

Adapun bibit pohon yang dibagikan adalah alpukat, aren, duku label biru, jengkol, kayu manis, matoa, nangka, dan rambutan yang telah disertifikasi dengan jumlah.

Bibit pohon ini akan dibagikan untuk kawasan geoside Kaldera yang terbagi di empat desa yaitu Desa Lintong Nihuta kelompok tani Siparmanukan sebanyak 750, Desa Tarabunga kelompok tani Hutan Bunga Nauli sebanyak 585, Desa Lumban Silintong kelompok tani Lumban Binanga sebanyak 587, Desa Meat kelompok tani Pansinaran sebanyak 600, dan  gereja HKBP sebanyak 150 pohon.

Kadis Lingkungan Hidup Provsu dalam sambutannya yang disampaikan melalui Kepala UPT Pengelolaan Kualitas Air Danau Toba, Abner Tarigan menyampaikan bahwa melalui program Pengelolaan Geopark dikhususkan hanya pemberian bibit pohon dengan maksud untuk mengangkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kawasan geopark dimana ketiadaan biaya tanam sengaja dilakukan agar partisipasi masyarakat langsung dapat dilakukan.

Abner juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar melakukan jarak tanam pohon sepanjangan 7 meter, sedangkan antar baris 8 meter dengan kedalaman tanam baiknya setinggi polyback agar tanaman dapat tumbuh baik serta harapannya dalam dua bulan ke depan semua sudah selesai ditanam agar penanaman pohon ini dapat menjadi sumbangsih kita bagi alam.

Turut hadir Pj. Sekdakab Toba, Augus Sitorus beserta beberap staf ahli Bupati dan OPD terkait.(Red-SP.ID/DS)