Safari Jumat Di Masjid Al Muttaqin Mabar, Ramadhan Diambang pintu, Bulan Ramadhan Ditunggu -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Safari Jumat Di Masjid Al Muttaqin Mabar, Ramadhan Diambang pintu, Bulan Ramadhan Ditunggu

Saturday, April 2, 2022

 

(Image/gambar): Suasana usai Sholat Jumat

Medan Deli - Sumutpos.id:Menyemarakkan detik jelang Ramadhan, Bulan Suci Ramadhan 1443 H yang sudah diambang pintu, dalam momen bersejarah ini, safari jumat di Masjid Al Muttaqin Pajak Sore Kampung Mabar  Kelurahan  Kecamatan Medan Deli, Jumat (1/4).


Dalam  khotbah Jumat, yang disampaikan Al Ustadz Drs H Sugiman bahwa Ramadhan diambang pintu, bulan Ramadhan di tunggu tunggu seluruh umat Islam


Al Ustadz menyampaikan llima langkah yang harus kita lakukan agar kita memperoleh ramadhan yang lebih baik dari tahun yang lalu yaitu sebagai berikut :


Pertama, kenalilah keagungan dan keistimewaan bulan suci ramadhan. Ramadhan  sesungguhnya adalah sesuatu yang istimewa bahkan sangat istimewa bagi yang mengenalnya. Ramadhan adalah permata mahal yang mengenalnya. Sesuai sabda rasulullah SAW dalam sebuah haditsnya yang artinya seandainya umatku itu mengetahui keutamaan keagungan keistimewaan bulan suci ramadhan maka sesungguhnya mereka akan berharap kepada Allah SWT setahun penuh bulan ramadhan. 


Sidang jum'at yang berbahagia yang dicintai Allah SWT,  langkah kedua adalah anggaplah ramadhan tahun ini adalah merupakan ramadhan kita yang terakhir kebersamaan kita dengan ramadhan tidaklah abadi. Ia adalah kesempatan yang terbatas yang datangnya hanya setahun sekali sebatas usia kita ketika hidup di permukaan dunia ini.


 Manfaatkan kesempatan itu dengan sebaik baiknya dan anggaplah ini sebagai ramadhan kita yang terakhir. Sebagaimana sabda rasulullah SAW uang menjelaskan dalam haditsnya yang artinya ingatlah dari sesuatu yang menghilangkan kelezatan yaitu kematian.


Langkah ketiga adalah jaga kesucian hati  singkirkan sifat iri dan dengkikkarena untuk mendapatkan keberkahan dan keutamaan bulan suci ramadhan bukan cuma fisik yang dipuasakan tetapi hati harus dibersihkan sebab sering kali puasa dan amalan amalan kebaikan yang kita lakukan di bulan suci ramadhan tidak bernilai apa apa karena hati kita tidak di puasakan ketika kita sedang berpuasa. 

Puasnya hati adalah mengosongkan dari segala yang merusak seperti kemusrikan, kepercayaan yang batil, menjauhkan diri dari sifat sifat dan bisikan bisikan yang jahat. Niat yang busuk, ketidak ikhlasan dan menjauhkan dari sifat sifat yang buruk sifat iri sifat dengki sifat sombong sofat egois yang mementingkan diri sendiri ujub ria dan sebagainya.

Sidang rahmat yang dirahmati Allah SWT langkah yang keempat adalah mempuasakan seluruh anggota tubuh dari perbuatan dosa. Maka tidak hanya hati yang harus dijaga tetapi semua anggota tubuh kita harus di puasakan dari hal hal yang akan mengurangi kesempurnaan puasa kita dan kemulian bulan suci ramadhan. Tinggalkan lah semua perkataan semua perbuatan yang sia sia dan yang tidak bemanfaat.


 Perhatikan sabda rasulullah dalam sebuah hadits yang artinya barang siapa yang tidak dapat meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta pekataan dannperhuatan yang sia sia yang penuh dengan dosa maka Allah tidak membutuhkan amalan nya dan meninggalkan makan dan minum.


Langkah yang terakhir yang kelima agar kita memperoleh ramadhan yang lebih baik dari tahun yang lalu adalah tidak mengabaikan orang miskin dan orang orang yang tidak mampu. Bulan suci ramadhan bukan hanya meningkatkan amal tapi bulan ramadahan juga bulan kepedulian bulan solidaritas jika selama ini Allah SWT memberikan rezeki kepada kita yang berkecukupan sepanjang hari bersama ranadhan. 


Kita diajarkan untuk merasakan bagaimana menderitanya orang orang miskin bagaimana susahnya orang miskin yang kadang kadang serba kekurangan yang berkrpanjangan. Dengan ramadhan Allah mengingatkan kita bahwa di sana ada saudara saudara kita yang tidur beralaskan tanah berselimutkan langit yang kadang kala tidak menemukan sesuap nasi pun untuk mereka makan. Ramadhan mengajarkan kita untuk mau berbagi dengan mereka yang mungkin hidupnya tidak seberuntuk kita. 


Perhatikanlah firman Allah SWT dalam surah Albaqarah 245 yang artinya siapakah yang mau memberikan pinjaman kepada Allah dengan pinkaman yang baik dan menafkahkan hartanya di jalan Allah, maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan serta melapangkan rezeki dan kepadanya kamu dikembalikan. 


Semoga ramdhan tahun ini jauh lejih baik dibandingkan degan ramadhan tahun lalu dan dapat meningkatkan amal ibadah kita kepada Allah SWT. Aamiin ya rabbalalamin baraka Allahu li walakum fil Qur'anil Adzim, wanafa'i wa iyakum bima fihi minal ayati wa Zikkril hakim, wa taqaballahu minna wa minkum illa wattahu innahu huwas sami'ul alim.(Red-SP.ID/FIR)