Marak Bisnis Rumah Walet di Komplek MBC Tanah 600 Diduga Pekerjakan Anak Dibawah Umur -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Marak Bisnis Rumah Walet di Komplek MBC Tanah 600 Diduga Pekerjakan Anak Dibawah Umur

Wednesday, April 13, 2022

(Image/gambar):bisnis rumah walet yang diduga marak mempekerjakan anak perempuan yang di bawah umur

Marelan-Sumutpos.id:Setiap jenis usaha peternakan sudah diatur dalam perundang-undangan, tak terkecuali bisnis sarang walet. Sudahkah anda tahu bagaimana aturannya?

Hingga saat ini, potensi bisnis sarang burung walet tetap menjanjikan karena bisa menghasilkan keuntungan yang besar.Sarang walet tak hanya laku di pasar dalam negeri, tapi juga bernilai ekspor.


Dalam pantauan tim media di kawasan Komplek MBC, Jalan Marelan Raya Tanah 600, Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan terkait bisnis rumah walet yang diduga marak mempekerjakan anak perempuan yang di bawah umur, tampak gadis-gadis belia yang sedang beristirahat dalam bekerja, kemudian membeli jajanan bakso Kojek di kawasan komplek MBC tersebut.

"Ini bang mulai dari ujung sini sampai ke ujung sana bisnis walet semua, makanya kalau asal sore cuci mata aja disini" kata  pria keturunan India yang keseharianya bekerja di dalam kawasan komplek MBC.(12/04)

Dikonfirmasi melalui pesan wa, Rabu(13/04/2022), Lurah  Tanah 600, Ary Ismail S.Sos, MM mengatakan terima kasih untuk  informasi yang disampaikan dan menyarankan agar mengkonfirmasi dulu Kepling XI.

"Assalamu'alaikum..tks info nya,
Coba mas Firman, konfirmasi dulu dgn kepling XI saja, Pak Rizal ya terkait pekerja wanita yg di bawah umur." ujarnya.


Dikutip dari sumber dan artikel terpercaya bahwa  sarang walet dengan khasiatnya tersebut dijual di pasaran dengan harga puluhan juta rupiah per kilogramnya.Wajar bila banyak orang yang ingin terjun menekuni bisnis sarang walet.

Agar dapat beternak walet di kota, banyak orang membangun rumah walet atau gedung walet. Bangunan yang dijadikan tempat ternak burung walet biasanya dibuat tinggi.Terkadang tidak ada jendela besar, yang ada hanyalah lubang-lubang sebesar pipa paralon yang berjajar. Di dalam rumah tersebut, terdapat struktur yang dibuat sedimikian rupa sehingga walet dapat bersarang.


Kehadiran burung walet yang diternakkan di perkotaan bisa jadi mengganggu kenyamanan warga sekitar. Maka dari itu, saat Anda akan memulai bisnis sarang walet, pahami dulu aturannya.
Tentunya ini dilakukan agar tidak terjadi protes warga dan membuat bisnis gulung tikar.


Manfaat Sarang Burung Walet


Kehadiran burung walet banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk pula Indonesia.
Mengapa demikian? Sebab burung walet hanya bisa tinggal di daerah dengan iklim tropis yang hangat.
Umumnya burung pemakan serangga ini bersarang di gua-gua atau tempat yang gelap dan lembap.
Berikut manfaat sarang burung walet bagi kesehatan:
Sumber asam amino esensial, mendukung fungsi organ tubuh, mencegah resistensi insulin, menurunkan risiko kanker, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan daya tahan tubuh selama kemoterapi dan meredakan peradangan juga menyehatkan kulit.(Red-SP.ID/FIR)