Bupati Simalungun Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Simalungun Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2022

Sabtu, 23 April 2022


(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat pimpin apel gabungan operasi ketupat Toba 2022.

Simalungun - Sumutpos.id :
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bertindak sebagai pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Toba – 2022” dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 pada masa Pandemi Covid19 di wilayah Kabupaten Simalungun, di lapangan Koramil 08 Bangun Jln Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum’at (22/4/2022).

Pada pelaksanaan Apel tersebut, Bupati didampingi Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedi Arifiato, Dandim 0207/SML Letkol Inf Roly Sohuoka melakukan pemeriksaan barisan peserta apel yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Bankom Raya dan Pramuka.

Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka pengamanan jelang Idul Fitri 1443 H. “Kita sama-sama mengetahui bahwa pemerintah pusat sudah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melakukan mudik. Tidak ada lagi penyekat yang kita lakukan. Jadi kemungkinan tahun ini akan ada lonjakan pemudik,” kata Bupati.

Bupati menghimbau masyarakat terutama pengguna jalan agar hati-hati ketika melintasi ruas jalan yang rusak. “Dimana yang kita tahu, Simalungun saat ini masih dalam keadaan memperihatinkan untuk sarana jalan. Ada beberapa titik ruas jalan yang rusak dan longsor, khususnya jalan lintas Pematang Siantar menuju Parapat, untuk itu kami himbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melintasinya,” ucap Bupati.

Untuk mengatasi kerusakan dan longsornya badan jalan, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementrian PUPR agar segera menindak lanjuti kerusakan jalan di Simalungun terutama jalan-jalan strategis sebelum lebaran. “Dan ketika hari libur Idul Fitri, jalan ini kita harapkan sudah bisa di lalui,” pungkas Bupati.

Selain itu, Bupati juga menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, demikian juga dengan para petugas agar tetap menjaga kesehatan sehingga dapat optimal di saat menjalankan tugasnya.
 
Sementara itu, Kapolres Simalungun AKBP, Nicolas Dedi Arifianto dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa akan ada sekitar 850 personil gabungan yang diturunkan dalam Pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 ini yang meliput  fase perjalanan, ibadah dan tempat pariwisata.
 
“Kita akan mendirikan 7 Pos pengamanan dan 1 pos pelayanan. Pos pelayanan kita akan pusatkan di daerah pariwisata yaitu Parapat. Kami juga akan melakukan pengamanan di wilayah pelabuhan Tigaras yang merupakan wilayah Kabupaten Simalungun.” papar Kapolres.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan sistem buka tutup jika di mungkinkan melihat volume kendaraan saat hari libur lebaran.

Di kesempatan tersebut, Dandim 0207/SML Letkol Inf Roly Sohuoka menyampaikan bawah pihaknya juga ikut melakukan beberapa langka pengamanan, dan menerjunkan personil untuk membatu pengamanan jelang Idul Fitri. “Kami sudah sampaikan kepada seluruh Koramil di Simalungun untuk terlibat dalam penanganan pengamanan jelang Idul Fitri” sebut Dandim.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Anggota Dewan T Silitonga Spd, Kasatpol PP Adnadi Girsang, Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong, Kepala BPBD diwakili Sekretaris Manaor Silalahi.(Red-SP.ID/FIS)