Pj.Sekda Pematangsiantar Hadiri Acara Monitoring dan Evaluasi Program Intervensi Keamanan Pangan Badan POM Tahun 2021 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pj.Sekda Pematangsiantar Hadiri Acara Monitoring dan Evaluasi Program Intervensi Keamanan Pangan Badan POM Tahun 2021

Tuesday, November 30, 2021

 

(Image/Gambar) : Pj.Sekda Pematangsiantar Ir.Zubaidi Mai saat menghadiri acara.

Pematangsiantar - Sumutpos.id : Penjabat Sekda Kota Pematangsiantar Ir.Zubaidi MSi menghadiri acara monitoring dan evaluasi program intervensi keamanan pangan badan POM Tahun 2021 diruang data Pemko Pematangsiantar, Sumut, Selasa (30/11/2021).


Pj.Sekda dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada Balai Besar POM Sumatra Utara yang telah mempercayakan Kota Pematangsiantar sebagai pertemuan monitoring dan evaluasi program intervensi keamanan pangan badan POM Tahun 2021.


Semoga kita bisa mengambil peluang dan  kita pergunakan sebaik-baiknya demi kemajuan kota kita ini," kata Zubaidi.


Ia mengatakan, kegiatan intervensi keamanan pangan pada kegiatan desa pangan aman, pasar aman dari bahan berbahaya dan sekolah dengan pangan jajanan anak sekolah (PJAS) aman merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Balai Besar POM di Medan yang bertujuan menggugah komunitas desa, komunitas pasar dan komunitas sekolah agar dapat berdaya, berpartisipasi dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di komunitasnya masing-masing," terang Zubaidi.


Kita harapkan, untuk para kader-kader keamanan pangan kota Pematangsiantar, saya harapkan untuk berperan aktif dalam penyuluhan bagi masyarakat ataupun bagi anak didik kita disekolah-sekolah dan guru-gurunya agar lebih gampang memberikan edukasi nantinya. Saya juga mengharapkan benar-benar melaksanakannya supaya tercapai apa yang menjadi tujuan dari pada program ini," ungkap Zubaidi.


Sementara itu, Kepala Balai Besar POM di Medan Drs I Made Bagus Gerametta Apt menyampaikan,

keamanan pangan adalah program nasional dan program dari Pemerintah yang dilaksankan setiap tahun. Program keamanan pangan terdiri dari 3 hal yaitu, gerakan keamanan pangan desa, pangan jajanan anak sekolah (PJAS) aman, pasar aman dari bahan berbahaya. Ketiga Program ini diberikan kepada Kabupaten/Kota dengan harapan menjadi Kabupaten/Kota pangan yang aman," jelasnya.


Tahun 2021 Badan POM melalui Balai Besar POM di medan intervensi keamanan pangan kepada Pasar Horas dan Pasar Dwikora sebagai pasar aman dari bahan berbahaya. Kelurahan Tomuan sebagai Kelurahan Pangan Aman (Paman). Tingkat Pratama Sekolah Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman yaitu, SD Negeri 124406 Pematangsiantar, SD Negeri 124399 Pematangsiantar, SMP Negeri 2 Pematangsiantar dan SMP Negeri 8 Pematangsiantar.


Hadir pada acara tersebut, para Pimpinan OPD terkait yakni, Ka.Bappeda, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kadis Dinas Lingkungan Hidup, Kadis Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta Lurah dan Guru yang mendapat Sertifikat Keamanan Pangan.(Red-SP.ID/FIS)